4 Puskesmas di Kudus Jateng Segera Direvitalisasi, Anggarannya Capai Rp6 Miliar
Salah satu puskesmas di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. (ANTARA)

Bagikan:

JATENG - Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus, Jawa Tengah segera melakukan revitalisasi empat puskesmas. Tujuannya, agar fasilitas kesehatan puskesmas bisa diandalkan masyarakats setempat.

"Untuk program revitalisasi tahun ini ada empat puskesmas yang menjadi sasaran. Keempat puskesmas itu adalah Puskesmas Jepang, Jati, Rendeng dan Puskesmas Rejosari," kata Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Kabupaten Kudus, Badai Ismoyo di Kudus, Antara, Jumat, 20 Agustus. 

Anggaran yang disiapkan untuk revitalisasi keempat puskesmas berbeda-beda. Namun bila ditotal mencapai Rp6 miliar. Revitalisasi saat ini sudah memasuki tahap lelang, sehingga dalam waktu dekat bisa dilaksanakan. 

Dari keempat puskesmas tersebut, kata dia, revitalisasinya terkait bangunan karena ada ruang pelayanan yang kurang maksimal sehingga harus diperbaiki agar kualitas layanannya semakin meningkat.

Terkait dengan rencana menaikkan status puskesmas menjadi rumah sakit tipe D, kata Badai, baru akan diusulkan kembali pada tahun 2022.

Untuk informasi, jumlah Puskesmas di Kabupaten Kudus sebanyak 19 unit dan tersebar di sembilan kecamatan. Di antaranya, di Kecamatan Kota, Kaliwungu, Jekulo, Jati, Mejobo, Undaan, Gebog, Dawe, dan Bae, demikian Badai Ismoyo.