Pemkab Karawang Siapkan Rp6 Niliar Revitalisasi Makam Syekh Quro
Wakil Bupati Karawang Aep Syaepuloh (kiri), saat ziarah di kawasan Makom Syekh Quro Karawang. (ANTARA/Ali Khumaini)

Bagikan:

KARAWANG - Pemerintah Kabupaten Karawang, Jawa Barat mengalokasikan anggaran sekitar Rp6 miliar untuk revitalisasi kawasan wisata religius Makam Syekh Quro di Desa Pulokalapa, Kecamatan Lemahabang.

"Revitalisasi ini bagian dari pengembangan kawasan wisata religius. Tahun depan kita alokasikan anggarannya," kata Wakil Bupati Karawang Aep Syaepuloh saat mengunjungi kawasan Makam Syekh Quro dilansir ANTARA, Selasa, 13 September.

Ia menyampaikan anggaran sekitar Rp6 miliar untuk revitalisasi kawasan Makam Syekh Quro itu bersumber dari APBD Karawang.

Anggaran tersebut akan dimanfaatkan untuk pembebasan lahan, karena akan ada perluasan areal parkir serta untuk kawasan pedagang dan UMKM.

"Jadi nantinya akan ditata agar lebih rapi lagi. Jadi akan dibuat blok warung dan tenda UMKM, areal parkir dan blok khusus tempat ziarah. Sehingga pengunjung yang berziarah bisa lebih khusyuk lagi," katanya.

Selain itu, kata dia, nantinya juga akan ada anggaran dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk pengembangan kawasan wisata religius tersebut.

Pengurus Makam Syekh Quro Haji Leo menyambut baik rencana pemkab merevitalisasi kawasan wisata religius Makom Syekh Quro.

Hal tersebut disampaikan, karena sudah cukup lama kawasan Syekh Quro belum direvitalisasi.

Kawasan wisata religius Makam Syekh Quro sudah banyak dikenal masyarakat. Hampir setiap hari selalu ada peziarah dari berbagai daerah.

"Setiap malam Sabtu kita menggelar tawasul akbar. Pada malam Sabtu ini sangat banyak pengunjung dari berbagai daerah, tidak hanya dari Karawang," kata dia.

Saat ini kawasan wisata religius Makam Syekh Quro kondisinya memprihatinkan. Para pedagang tak tertata dengan baik, berada di areal parkir hingga bagian dalam kawasan ziarah.

Selain itu, kondisi sejumlah bagian bangunan juga terlihat kurang terawat.