Pekan Ini, 25 Provinsi Alami Penurunan Kasus Positif COVID-19
Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito (IST)

Bagikan:

JAKARTA - Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito menyampaikan pada pekan ini terjadi penurunan kasus positif COVID-19 di 25 provinsi.

"Jika dilihat pada tingkat provinsi, maka pada minggu ini terjadi penurunan kasus positif pada 25 provinsi atau 73 persen dari seluruh provinsi di Indonesia telah menunjukan perbaikan kasus positif," kata Wiku dalam konferensi pers virtual, Kamis, 19 Agustus.

Wiku merinci, provinsi yang paling banyak mengalami penurunan kasus positif adalah Jawa Barat yang turun 7.128 kasus pada minggu ini.

Kemudian, DKI Jakarta alami penurunan 5201 kasus, Jawa Timur turun 4.407 kasus, Kalimantan Timur turun 2.959 kasus, dan NTT turun 2.866 kasus.

Penurunan kasus positif pada minggu ini juga diiringi dengan penurunan positivity rate dari sebelumnya 23,57 persen pada 2-8 Agustus menjadi 21,48 persen pada 9-15 Agustus atau turun sebesar 2,09 persen.

"Ini adalah perkembangan yang sangat baik karena artinya sebagian besar provinsi di Indonesia sudah mengalami perbaikan dan semakin dapat mengendalikan penularan," ucap Wiku.

Selain kasus positif, kasus kematian dan keterisian tempat tidur atau bed occupancy ratio (BOR) telah mengalami penurunan dalam 3-4 minggu terakhir. Angka kesembuhan pun juga mengalami peningkatan.

"Hal ini tentunya menjadi kabar baik dan semangat bagi kita semua utk dapat terus berupaya menekan kasus covid setidaknya hingga mencapai keadaan seperti sebelum terjadi lonjakan kasus," ungkapnya.