Kasatgas COVID-19: Kita Harus Hidup Berdampingan dengan Corona, Mengubah Pandemi Jadi Endeemi 
Kepala BNPB yang juga Kasatgas COVID-19 nasional Ganip Warsito/Dafi VOI

Bagikan:

DENPASAR - Kepala BNPB yang juga Kasatgas COVID-19 nasional Ganip Warsito menegaskan pemerintah tengah menyusun roadmap terkait COVID-19.

“Kita sudah membuat satu roadmap seperti yang dikatakan bapak menkes bahwa kita belum bisa memprediksi kapan COVID-19 ini akan berakhir, satu orang pun belum ada yang tahu," kata  Ganip di kantor Gubernur Bali, Denpasar, Kamis, 19 Agustus.

Masyarakat menurutnya harus siap hidup berdampingan dengan COVID-19. Pandemi bakal diubah menjadi endemi. 

"Oleh karenanya, kita harus hidup berdampingan dengan COVID-19 dalam arti mengubah pandemi menjadi endemi. Mengubah kedaruratan menjadi ketahanan sehingga kita bisa beraktivitas dengan baik di tengah endemi," katanya.

Namun, untuk mengubah pandemi ke endemi ada tiga pilar yang harus dilakukan. Pertama, disiplin protokol kesehatan dan 3 T yaitu tracing, testing dan treatment. Selain itu juga vaksinasi dosis lengkap.

"Pilarnya ada tiga yang pertama disiplin protokol kesehatan PPKM ini, minimal pakai masker harus tinggi kalau yang kedua 3 T harus tinggi, testing, tracing dan treatmentnya," ujarnya.

"Testing ini, kan untuk memutus mata rantai penularan COVID-19. Kemudian, vaksinasi. Tiga pilar untuk menuju endemi tadi," sambungnya.

Ganip menyebutkan tiga pilar itu harus ditingkatkan. Seperti Pulau Bali yang tingkat vaksinasinya cukup tinggi untuk dosis pertama sudah mencapai 100 persen, sedangkan dosis kedua sudah mendekati setengahnya.

"Tapi kenapa penularan masih terjadi kita evaluasi. Apakah, 3T-nya masih kurang, apakah itu menyangkut protkes yang kurang. Ini sama-sama kita perbaiki," ujar Ganip.