Tukik Penyu Berkepala Dua Ditemukan di Carolina Selatan, Disebut Mutasi Genetik
Tukik penyu tempayan berkepala dua. (Facebook/South Carolina State Parks)

Bagikan:

JAKARTA - Pernah terbayang jika ada penyu laut yang memiliki dua kepala dalam satu tubuh? Jika ditanyakan ke relawan South Carolina State Parks, maka temuan penyu kepala dua menjadi hal mengejutkan.

Sekelompok petugas patroli dan sukarelawan di Edisto Beach, South Carolina State Park sedang melakukan inventarisasi rutin untuk memeriksa sarang penyu, ketika mereka menemukan tukik khusus, kata South Carolina State Parks di Facebook, mengutip CNN 3 Agustus.

Pihak pengelola taman mengatakan, mereka menggali sarang penyu sekitar tiga hingga lima hari setelah mulai menunjukkan 'tanda-tanda kemunculan besar'. Ini membantu menentukan keberhasilan sarang, yang bergantung pada berapa banyak telur yang menetas.

Saat melakukan inventarisasi Rabu 21 Juli lalu, petugas patroli dan sukarelawan menemukan tiga tukik penyu tempayan hidup masih di dalam ruangan, tetapi satu tukik secara khusus menonjol karena memiliki dua kepala. Tukik berkepala dua ini merupakan hasil mutasi genetik.

Mereka juga mencari tukik hidup yang tidak berhasil melaut. Penyu tempayan berkepala dua adalah satu dari tiga bayi hidup yang ditemukan di sarang.

"Tukik berkepala dua ini adalah hasil dari mutasi genetik," kata South Carolina State Parks.

"Tukik berkepala dua lainnya telah ditemukan di Carolina Selatan, Amerika Serikat dalam beberapa tahun terakhir, tetapi ini adalah yang pertama bagi tim patroli di Taman Negara Bagian Pantai Edisto," sambung keterangan tersebut.

Setelah kelompok mengambil beberapa foto, ketiga penyu itu dilepaskan ke laut lepas.

penyu kepala dua
Petugas dan relawan yang menemukan penyu kepala dua. (Facebook/South Carolina State Parks)

Terpisah, sebagian besar penyu menetas di musim panas, meskipun mereka dapat menetas sepanjang tahun, menurut Sea World.

"Sangat penting bagi manusia untuk tidak mengganggu sarang, yang dapat membahayakan kelangsungan hidup bayi penyu. Ketika sarang penyu terganggu, tukik memiliki peluang 25 persen atau lebih kecil untuk bertahan hidup," menurut Sea World.

Sementara itu, melansir NewsWeek 27 Juli, menurut Charlotte Observer, program penyu tempayan telah ada di Edisto Beach State Park sejak tahun 1982.

Dan, keberadaan penyu berkepala dua di pantai Carolina Selatan bukanlah hal yang aneh. Pada 2019, penyu serupa ditemukan dan dilepaskan ke laut di Pulau Hilton Head. Pejabat negara mengatakan, mereka melihat hingga dua mutasi genetik pada penyu per tahun, menurut Observer.

Namun, seperti yang diharapkan dari kura-kura yang paling baru ditemukan, kemungkinan salah satu kura-kura yang bermutasi bertahan hingga dewasa sangat kecil.

Menurut Sea Turtle Conservancy, penyu tempayan di Amerika Serikat terdaftar sebagai terancam dan berada di bawah Undang-Undang Spesies Terancam Punah Federal AS. Artinya, mereka kemungkinan akan terancam punah di masa mendatang. Secara internasional, perselisihan terdaftar sebagai rentan.

Untuk diketahui, kehadiran manusia di pantai dan lautanlah yang paling mengancam penyu tempayan, tulis TNC. Ribuan penyu menetas setiap tahun di pantai-pantai di Amerika Serikat bagian tenggara dan diperkirakan satu dari 1.000 hingga 10.000 akan bertahan hingga dewasa.

Sementara, Erin Weeks dari Divisi Sumber Daya Kelautan negara bagian mengatakan kepada McClatchy News, pada tahun 2020, "staf dan sukarelawan mendokumentasikan 5.562 sarang di pantai SC, menghasilkan sekitar 240.000 tukik yang muncul. Saat ini, ada sekitar 4906 sarang untuk musim 2021. Pada 2019, mereka mendokumentasikan 8795 sarang, jumlah tertinggi sejak kami mulai mencatat pada 1970-an.