Mulai 18 Agustus Ancol Dibuka Khusus untuk Olahraga, Rekreasi Masih Ditutup
ILUSTRASi/Dufan Ancol (ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Taman Impian Jaya Ancol mempersiapkan pembukaan kawasan untuk pengunjung mulai Rabu, 18 Agustus 2021. Humas Taman Impian Jaya Ancol Rika Lestri menyebut pembukaan Ancol hanya diperuntukkan kegiatan berolahraga.

"Taman Impian Jaya Ancol dipersiapkan kembali beroperasi setelah dilakukan penutupan sementara waktu saat PPKM Level 4 pada 24 Juni lalu. Pengunjung yang diijinkan masuk khusus bagi yang ingin melakukan olahraga seperti lari (jogging), jalan santai dan bersepeda," kata Rika dalam keterangannya, Senin, 16 Agustus.

Rika menegaskan, pengunjung Ancol tidak diizinkan untuk aktivitas berenang di pantai, senam berkelompok, dan kegiatan lain yang menimbulkan kerumunan.

Nantinya, Ancol dibuka dalam dua sesi, yakni pagi pada pukul 06.00-10.00 WIB dan siang pada pukul 14.00-18.00 WIB. Kata Rika, pembukaan kembali kawasan Ancol tetap menerapkan sejumlah protokol kesehatan yang sangat ketat.

"Anak di bawah usia 12 tahun dan lanjut usia diatas 70 tahun serta Ibu hamil belum diizinkan masuk kawasan Ancol. Tidak diijinkan melakukan aktivitas rekreasi seperti menggelar tikar dan berkelompok," ungkap Rika.

Adapun kawasan yang dibuka terbatas hanya Pantai, Allianz Ecopark dan Pasar Seni. Sementara, seluruh unit rekreasi di kawasan Taman Impian Jaya Ancol seperti Dunia Fantasi, Ocean Dream Samudra, Sea World Ancol dan Atlantis Water Adventure belum dibuka untuk umum sampai informasi lebih lanjut.

Pengunjung wajib melakukan pembelian tiket secara daring (online) melalui ancol.com sebelum kunjungan dan menunjukan kepada petugas saat kedatangan. Selain itu wajib menunjukan bukti sertifikat vaksin di aplikasi peduli lindungi atau JAKI dan bukti cetak.

"Petugas keamanan dan Tim Satgas COVID-19 Ancol akan melakukan pemantauan dan patroli terhadap aktitivas pengunjung yang berolahraga," tutur Rika.

Akses masuk hanya melalui Pintu Gerbang Timur dengan pengecekan tiket online, bukti vaksin dan suhu tubuh. Penginapan Putri Duyung Ancol dan pelayanan penyebarangan ke Pulau Seribu melalui Dermaga Marina tetap beroperasi.

Selain itu, sejumlah restoran yang ada di dalam kawasan Ancol juga akan buka sesuai dengan jadwal operasional per sesi dengan sistem take away atau makan di tempat area terbuka sesuai dengan ketentuan yaitu kapasitas 25 persen dan 20 menit.