Benarkah Paundra Sebagai Penerus Tahta Mangkunegara IX?
Gra Agung Putri Suniwati, adik Paundrakarna. (Dokumentasi: VOI)

Bagikan:

JAKARTA – Meninggalnya Raja Pura Mangkunegaran Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara IX pada Jumat 13 Agustus lalu menyisakan duka yang mendalam bagi keluarga dan kerabat.

Mangkatnya Sang Raja menjadi pertanyaan bagi warganet, siapa penerus takhta raja Mangkunegaran?

Melihat silsilah, ada dua putra almarhum KGPAA Mangkunegara IX yang berpeluang meneruskan kursi Raja Mangkunegaran. Mereka adalah, GPH Paundarkarna Sukmaputra Jiwanegara dan GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo.

Paundra lahir dari pernikahan pertama dengan Sukmawati Soekarno Putri. Sedangkan GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo lahir dari pernikahan kedua dengan Prisca Marina Yogi Supardi, yang sekarang menjadi Permaisuri.

Masih terlalu dini untuk menentukan siapa yang Jumeneng (ditetapkan sebagai raja) dari kedua anak laki-laki KGPAA Mangkunegara IX. Tapi, melihat sosok Paundra, pria ini digadang-gadang akan menggantikan ayahnya.

Paundra dinilai memiliki pribadi yang ulet. Aktif di dunia hiburan, Paundra terlibat beberapa film layar lebar. Di dunia tarik suara, pria ini pernah mengeluarkan album. Paundra bahkan sempat terjun ke dunia politik. Dia pernah menjadi anggota DPRD Surakarta dari Partai PDI-P.

Kepiawaian Paundra dirasa kuat bagi netizen bahwa dialah yang akan mewariskan takhta Mangkunegara IX. Walau prediksi kuat mengarah ke Paundra, perlu diketahui bahwa GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo adalah anak dari Prisca Marina Yogi Supardi, Permaisuri KGPAA Mangkunegara IX.

Namun, adik Paundra, Gra Agung Putri Suniwati berkeyakinan bahwa Putra Mahkota dari Mangkunegara IX adalah, kakaknya.

“Ya, Paundra.” kata Menur, sapaan hangat Gra Agung Putri Suniwati, kepada VOI.