Anggota DPR Ingatkan Pentingnya Pemanfaatan Teknologi untuk Hal-Hal yang Bermanfaat
Ilustrasi. (Foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Anggota Komisi I DPR RI, Rizki Sadig mengatakan, saat ini penting bagi siapapun untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuan dalam memanfaatkan teknologi. Hal itu dilakukan guna mendapatkan hal-hal yang bermanfaat untuk kepentingan yang lebih produktif.

"Kita harus mendapatkan sesuatu yang bisa menghasilkan nilai lebih bagi kita dalam masyarakat, khususnya di bidang ekonomi yang sudah berjalan lebih kurang satu setengah tahun ini dan masih kita rasakan efeknya," ujar Sadig dalam diskusi BAKTI Kominfo yang bertemakan "Pemanfaatan TIK untuk Sosial dan Bisnis", dikutip Selasa 10 Agustus.

Ia menuturkan, saat ini manusia sudah terbiasa menggunakan sarana teknologi informasi komunikasi. Padahal dahulu teknologi masih dianggap sebagai barang mewah.

"Hari ini kita sudah merasakan bahwa teknologi informasi dan komunikasi TIK ini adalah salah satu alat sarana yang sangat kita butuhkan untuk mendukung semua aktivitas, saya kira ini adalah salah satu sarana kita untuk bersyukur," ujarnya.

Sadig pun beranggapan, sekarang segala sesuatunya menjadi lebih simpel. Jika dulu orang ke mana-mana membawa dompet, saat ini semua ada dalam satu kartu ataupun smartphone.

"Jadi, jangan ketinggalan zaman, jangan menjadi pribadi yang nasipnya sama seperti dinosaurus makhluk terkuat di muka bumi ini kemudian punah karena tidak melakukan penyesuaian," tutur dia.

Komisi I DPR RI sendirii, kata dia, sedang sangat gencar untuk melakukan sosialisasi berkaitan dengan pemanfaatan TIK dalam bisnis. Pemerintah juga mengalokasikan anggaran yang tidak sedikit untuk memperluas jaringan internet supaya bisa masuk ke seluruh pelosok negeri.