Lakukan Ini, Jika Motor Anda Ingin Aman dari Pencuri
Kapolsek Matraman Tedjo. (Foto: Rizky Sulistio)

Bagikan:

JAKARTA - Kejahatan pencurian kendaraan bermotor (curanmor) masih menjadi momok menakutkan di kalangan masyarakat. Pasalnya, para pelaku mengincar kendaraan korban yang parkir di dalam maupun luar rumah.

Kapolsek Matraman Kompol Tedjo mengatakan, pihaknya mengimbau kepada masyarakat agar memasang kunci ganda pada kendaraannya. Karena para pelaku curanmor mencari kelengahan para pemilik kendaraan.

"Warga Matraman kebanyakan memparkirkan motornya di luar rumah. Rumahnya masuk-masuk gang, itulah yang jadi incaran penjahat," kata Kompol Tedjo kepada VOI, Selasa 8 Agustus.

Lahan parkir yang sempit, banyak warga yang terkesan asal memparkirkan kendaraannya di sembarang tempat. Meski begitu, Kapolsek mengimbau para binmas Polsek Matraman terus melakukan patroli secara keliling pada siang dan malam hari.

"Warga harus pakai kunci pengaman tambahan. Sebaiknya kalau jam 12 malam, portal ujung akses jalan juga ditutup. Pasalnya, para pelaku kejahatan mencari celah kelemahan warga sebelum dia beraksi," imbaunya.

Kapolsek juga mengajak warga masyarakat agar mengaktifkan ronda siskamling malam hari. Selain itu, pemasangan kamera CCTV dinilai sangat penting untuk memudahkan aparat kepolisian menangkap para pelaku kejahatan curanmor

"Pemasangan CCTV bisa membantu untuk mengungkap kejahatan dari ciri-cirinya, gerakannya nanti bisa terdeteksi oleh pihak kepolisian," kata Kompol Tedjo.