Soal PPKM Level 4 Dilanjut Atau Tidak Oleh Presiden Jokowi, Ini Aspirasi Pedagang Pasar
Ngadiran mendukung apa yng akan diumumkan Presiden Jokowi soal PPKM Level 4.(Istimewa)

Bagikan:

JAKARTA - Kalau tak ada halangan pemerintah Presiden Jokowi akan mengumumkan apakah PPKM Level 4 akan sudahi atau dilanjutkan. Bagi para pedagang pasar keputusan lanjut atau tidaknya PPKM itu adalah wewenang penuh pemerintah. Mereka akan mendukung keputusan yang diambil pemerintah.

Soalnya kata, Ngadiran Wakil Ketua Umum Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) dalam mengambil keputusan dia yakin pemerintah tidak mungkin gegabah. "Saya yakin mereka punya pertimbangan dan evaluasi dari pemberlakuan PPKM sebelumnya, sehingga keputusannya dilanjutkan atau tidak saya kira sudah dengan pertimbangan yang matang," katanya kepada VOI yang menguhubungi melalui wawancara Zoom, Senin 9 Agustus.

Ngadiran dan para pedagang pasar yang menjadi anggota asosiasinya. (Istimewa)
Ngadiran dan para pedagang pasar yang menjadi anggota asosiasinya. (Istimewa)

Saat ini kata Ngadiran, situasinya memang sulit, namun keadaan ini harus menjadi perhatian semua. Banyak anggotanya yang sudah guluing tikar karena jualannya menurun penjualannya. Karena ituia berharap keadan akan membaik dan kondusif.

Dia meminta kepasa para anggotanya yang tersebar di segala pelosok Indonesia untuk mematuhi aturan yang sudah diterapkan oleh pemerintah. Dan yang tak kalah pentingnya adalah vaksinasi. "Vaksinasi ini penting sekali bagi kami yang bekerja di pasar-pasar. Selain itu tentunya protokol kesehatan harus menjadi kewajiban yang tak bisa ditunda-tunda. Harus dilaksanakan agar penularan COVID-19 ini bisa kita kurangi," katanya.

Satu lagi yang ia kemukakan adalah soal penertiban yang kerap dilakukan oleh satpol PP dan petugas lainnya. "Petugas kami harapkan tidak melakukan tindakan represif dan memberikan denda. Kalau mau melakukan denda harus adil tidak pilih kasih. Para petugas bisa lebih baik lagi dalam bertugas," pintanya.

Presiden Joko Widodo (Foto: Twitter @jokowi)
Caption

Trendnya penurunan kasus COVID-19, namun tetap tidak boleh lengah dengan keadaan ini. "Ini adalah tanggungjawab kita bersama. Bukan hanya Presiden Jokowi dan jajarannya saja. Ayo kita semua pada pedagang pasar untuk ikut mensukseskan pemberanatsan COVID-19 ini. Kira semua yang rugi dan kalau keadaan tidak berubah," tandas Ngadiran.