Mendikbud Nadiem Makarim Unggah Foto Guru yang Jadi Wasit di Olimpiade Tokyo: Terima Kasih Pengabdiannya
Wasit bulu tangkis Wahyana (Foto: Dok. Wahyana)

Bagikan:

JAKARTA – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menghaturkan rasa bangga dan terima kasih kepada dua guru asal Indonesia yang terpilih untuk menjadi wasit di Olimpiade Tokyo 2020. Sebagai bentuk apresiasi, mantan bos Gojek itu membagikan foto mereka di laman pribadi Instagram-nya.

“Setelah pelajar, kini giliran sosok guru yang berprestasi di ajang olahraga dunia. Terima kasih atas pengabdian Bapak Wahyana dan Ibu Lia yang berhasil menembus Olimpiade Tokyo 2020 sebagai wasit cabang bulu tangkis,” ujar dia melalui @nadiemmakarim pada Sabtu, 7 Agustus.

Menurut Nadiem, prestasi di ajang pesta olahraga tersebut tidak hanya dimonopoli oleh atlet yang menyabet medali. Tetapi lebih dari itu, partisipasi sebagai juru adil di lapangan juga tidak kalah membaggakan untuk Ibu Pertiwi.

“Ibu dan Bapak adalah inspirasi kami untuk terus berkontribusi mengharumkan nama Indonesia,” tegasnya.

Seperti diketahui, dua orang dari Indonesia, yakni Wahyana dan Lia, terpilih untuk menjadi wasit di Olimpiade Tokyo 2020 cabang olahraga bulutangkis. Belakangan diketahui bahwa keduanya berprofesi sebagai tenaga pengajar (guru).

Wahyana merupakan guru olahraga di SMPN 4 Patuk, Gunung Kidul yang memegang lisensi resmi federasi bulu tangkis dunia (BWF). Pun demikian dengan Lia yang juga melakoni keseharian sebagai pendidik. Asal tahu saja, Wahyana adalah wasit di laga final bulu tangkis nomor tunggal putri Olimpiade Tokyo 2020 lalu.

“Maju terus untuk guru-guru Indonesia!” tutup Mendikbud Nadiem Makarim.