Kapolri: 20 Ribu Warga Kaltim Jalani Isolasi Mandiri
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bersama Gubernur Kaltim Isran Noor (ANTARA)

Bagikan:

SAMARINDA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyebut sekitar 20 ribu lebih masyarakat di Kalimantan Timur (Kaltim) masih menjalani isolasi mandiri akibat terpapar COVID-19.

"Dari ribuan warga Kaltim yang terkonfirmasi positif virus corona, 76 persen di antaranya dirawat di rumah sakit dan sekitar 86-88 persen dirawat di tempat isolasi terpusat (isoter), serta 20 ribu lebih isolasi mandiri," kata Kapolri di sela vaksinasi massal dan penyerahan bantuan sosial TNI-Polri di Gedung BSCC Dome Balikpapan dikutip Antara, Jumat, 6 Agustus.

Menurut Kapolri, kasus aktif harian di Kaltim masih tinggi, ditandai dengan Bed Occupancy Rate (BOR) atau ketersediaan ruangan di rumah sakit terisi penuh, tempat-tempat isoter juga penuh.

Dia berharap masyarakat yang menjalani isoman, selayaknya masuk ke tempat-tempat isoter. "Sebab, selain fasilitas medis yang mencukupi dan memadai, petugas medis selalu ada serta siap menangani dan melayani secara intensif jika dalam kondisi tertentu," harapnya.

Sementara itu, Gubernur Kaltim Isran Noor mengapresiasi dan bersyukur atas kehadiran Panglima TNI dan Kapolri di Kaltim, terkait penanganan dan penanggulangan COVID-19 di daerah itu.

"Kami atas nama pemerintah daerah dan masyarakat berterima kasih ada kunjungan dan dukungan bapak Panglima TNI dan bapak Kapolri di Kaltim," ucap Gubernur Isran Noor usai peninjauan vaksinasi massal dan pendistribusian sembako.

Isran Noor meyakini kehadiran dua jenderal di jajaran TNI dan Polri ini mampu meningkatkan semangat serta motivasi jajarannya dan pemerintah daerah dalam penanggulangan COVID-19.

Gubernur juga mendorong semangat masyarakat untuk peduli dan sadar akan pentingnya bersama-sama mendukung percepatan pelaksanaan program vaksinasi.

Vaksinasi massal bagi warga Kota Balikpapan diikuti 3.600 peserta terdiri atas 2.000 vaksin tahap pertama dan 1.600 vaksinasi tahap kedua.

Kegiatan tersebut dihadiri Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Heri Wiranto, Kapolda Kaltim Irjen Herry Rudolf Nahak, Ketua DPRD H Makmur HAPK, jajaran Forkopimda Kaltim dan Wali Kota Balikpapan Rahmat Mas'ud.

Kegiatan dirangkai penyerahan bantuan sosial TNI-Polri di halaman Gedung BSCC Dome Balikpapan, oleh Panglima TNI dan Kapolri.

Pendistribusian bansos bagi warga yang menjalani isolasi mandiri diikuti 136 personel terdiri Bhabinsa 31 orang, Bhabinkamtibmas 37 orang, Bhabinpotdirga (AU) 10 orang, Bhabinpotmar (AL) 8 orang, dan relawan 50 orang. Jumlah total ada 1.120 paket sembako.