Kepala BNPB Respons Penuh Sesak Orang Antre Vaksinasi di Sumut yang Viral: Masyarakat Antusias
Kepala Satgas COVID-19 Pusat, Letjen TNI Ganip Warsito (Satria Hadhiningtyas/VOI)

Bagikan:

MEDAN - Kerumunan yang terjadi dalam pelaksanaan vaksinasi di GOR Sumatera Utara beberapa hari lalu menjadi polemik di tengah masyarakat. 

Kerumunan itu direspons dari Kepala Satgas COVID-19 Pusat, Letjen TNI Ganip Warsito. Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) itu mengatakan penanganan COVID-19 merupakan masalah yang sangat kompleks. 

Sehingga penanganannya membutuhkan keterlibatan semua pihak, utamanya masyarakat. Dalam kerumunan itu, Ganip melihat antusiasme masyarakat yang cukup tinggi. 

"Kerumunan terjadi memang karena masyarakat antusias ingin segara divaksin, dan khawatir vaksin itu habis," kata Ganip di Medan, Jumat, 6 Agustus. 

Antusiasme yang tinggi, dinilainya sebagai salah satu faktor penyebab kerumunan. Sehingga kerumunan yang terjadi saat pelaksanan vaksinasi oleh Polda Sumut kemarin di serbu oleh masyarakat. 

Karena itu, lanjutnya, sangat dibutuhkan peranan dari semua pihak untuk memberikan pemahaman, sosialisasi kepada masyarakat. 

"Termasuk media, (informasikan) bahwa stok vaksin dijamin pemerintah, tinggal gilirannya saja," sebutnya. 

Terpisah, Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi berjanji akan mengevaluasi pelaksanaan vaksinasi yang menimbulkan kerumunan di gedung serbaguna Pemprovsu. 

Gubsu Edy menyebutkan, kerumunan yang terjadi saat pelaksanaan vaksinasi tersebut, merupakan bukti antusias dari masyarakat yang ingin divaksin. 

"Nah ini yang harus kita evaluasi, dan ke depan akan kita atur, kenapa demikian, karena selama ini begitu sulit rakyat untuk divaksin. Tahu-tahu begitu antusiasnya rakyat, minta divaksin, ini yang akan kita evaluasi," pungkasnya