Kunker ke Sumut, Presiden Jokowi Tinjau Vaksinasi <i>Door to Door</i>, Sempat Beli Sate Lalu Dibagikan ke Warga
Presiden Jokowi di Deli Serdang/DOK IST

Bagikan:

MEDAN - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Sumatera Utara. Begitu mendarat di Bandara Kualanamu, Jokowi langsung meninjau vaksinasi door to door di Dusun I, Desa Emplasmen Kualanamu, Kecamatan Beringin, Kabupaten Deli Serdang.

Jokowi mengapresiasi warga di Kabupaten Deli Serdang yang antusias mengikuti vaksinasi.

"Saya sangat menghargai antusias di Deli Serdang ini yang mengikut vaksinasi door to door dan kita harapkan mempercepat, memperbanyak presentasi vaksinasi di Provinsi Sumatera Utara," kata Jokowi, Selasa, 16 September.

Vaksinasi dengan jumlah sebanyak 6 ribu dosis yang diperuntukan untuk Siswa SMKN 1 Beringin dan SMAN 1 Beringin. Kemudian, sebanyak 3 ribu orang dan warga masyarakat umum sebanyak 3 ribu orang di Kecamatan Beringin.

Dalam kunjungannya, Jokowi turut didampingi Kepala Badan Intelejen Negara (BIN) Komjen Budi Gunawan, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, Kapolda Sumut Irjen RZ Panca Putra Simanjuntak, Pangdam I Bukit Barisan Mayjen TNI Hassanudin dan Bupati Deli Serdang, Ashari Tambunan.

Jokowi menjelaskan, kehadiran dirinya di Desa Emplasmen, Kecamatan Beringin, dalam rangka memastikan distribusi vaksin.

"Siang hari ini kita melakukan vaksinasi dari pintu ke pintu, door to door yang dilakukan untuk masyarakat untuk memastikan bahwa distribusi vaksin, percetakan vaksin itu berjalan di seluruh provinsi, Kabupaten/kota Tanah Air kita," jelasnya.

Presiden Jokowi di Deli Serdang/IST

Menurut Jokowi, pelaksanaan vaksinasi door to door merupakan bentuk pelayanan langsung datang ke masyarakat mengajak masyarakat untuk vaksinasi. 

"Kita harapkan ini untuk mempercepat vaksinasi selain yang telah dilakukan oleh rumah sakit, pemerintah daerah, oleh TNI dan Polri, Puskesmas, semuanya kita ingin menyisir agar seluruh masyarakat mendapatkan vaksin dan kita bisa segera terhindar dari penyebaran COVID-19," papar Jokowi.

"Saya datangi masyarakat ke dusun dusun. Ini juga memberikan perlindungan kepada masyarakat, memberikan proteksi kepada masyarakat. Sehingga nantinya masyarakat bisa segera beraktivitas secara normal," sambung Jokowi.

Jokowi juga mengajak masyarakat untuk hidup berdampingan dengan COVID-19. 

"Artinya, bahwa protokol kesehatan itu menjadi kunci, vaksinasi itu jadi kunci. Sehingga saya mengajak masyarakat untuk terus, memakai masker kemudian yang belum vaksin segera secepatnya vaksin," kata presiden..

Presiden Jokowi menyempatkan untuk membeli sate dari pedagang. Setelah sate yang dibeli Jokowi, para penjual ini langsung membagi-bagikan pada warga yang telah lama menunggu di pinggir jalan.

"Satenya gratis sudah dbeli pak presiden,” kata salah seorang pedagang.