160.946 Orang Tercatat Gunakan Moda Transportasi Commuter Line
Perjalanan Kereta Commuter Line (Irvan Meidianto/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) mencatat ada 160.946 orang yang menggunakan moda transportasi commuter line. Angka ini naik sebanyak 12 persen dibandingkan Senin, 8 Juni yang lalu.

"Hingga pukul 11.00 WIB tercatat pengguna yang telah melakukan tap in di gate masuk seluruh stasiun KRL mencapai 160.946 orang," kata VP Corporate Communications PT KCI Anne Purba lewat keterangan tertulisnya, Senin, 15 Juni.

Meski terlihat antrian pengguna di stasiun, sambung Anne, para pengguna layanan commuter line kini makin tertib dalam mengikuti protokol kesehatan yang berlaku selama pagebluk COVID-19.

Hal ini tampak dilakukan oleh pengguna commuter line di Stasiun Bogor. Dia mengatakan, hingga pukul 11.00 WIB tercatat jumlah penumpang yang menggunakan layanan kereta listrik dari stasiun ini mencapai 12.437 orang atau bertambah sebanyak 4 persen. 

"Pengguna mengantri hingga ke selasar dari area parkir stasiun. Antrian berlangsung tertib, mengalir, dan pengguna senantasa mengikuti marka dan arahan petugas untuk jaga jarak," ungkap dia.

Anne mengatakan, puncak kepadatan penumpang terjadi di pagi hari. Sehingga, para petuas kemudian melakukan pengaturan di pintu masuk stasiun dengan tujuan mencegah antrian. Hasilnya, setiap calon penumpang hanya perlu mengantri rata-rata di bawah 30 menit.

Antrian ini bukan hanya terjadi di Stasiun Bogor, tapi juga terjadi di sejumlah stasiun lain seperti Stasiun Cilebut, Stasiun Bojonggede, dan Rangkabitung. Namun, petugas telah berupaya memaksimalkan antrian ini dengan membuat skema zona antrian dan menambah marka di stasiun.

Dia juga mengatakan, para calon penumpang di Stasiun Bogor, Stasiun Cilebut, Stasiun Bojonggede, Stasiun Tambun, dan Stasiun Cikarang bisa memanfaatkan bus gratis yang disapkan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kementerian Perhubungan. 

"Kehadiran bus ini menjadi alternatif moda angkutan dari stasiun-stasiun tersebut ke sejumlah lokasi di Jakarta. Secara total tersedia puluhan bus menuju Jakarta untuk pemberangkatan mulai pukul 05.30 WIB hingga 07.30 WIB," jelasnya.

Anne kemudian mengimbau bagi para pengguna jasa transportasi commuter line untuk tetap mematuhi protokol kesehatan saat berpergian. "Jangan lupa gunakan masker, cuci tangan di wastafel dan tetap jaga jarak dengan mematuhi marka baik di stasiun ataupun KRL," pungkasnya.