Kapolri: Vaksin Merdeka, Strategi Percepatan <i>Herd Immunity</i>
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (Foto: Humas Polri)

Bagikan:

JAKARTA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyebut program Vaksinasi Merdeka merupakan salah satu strategi untuk mempercepat pembentukan herd immunity di Indonesia, khususnya Jakarta.

Bahkan, program ini juga disebut sebagai cara merayakan hari Kemerdekaan Indonesia yang jatuh pada 17 Agustus nanti.

"Program Vaksinasi Merdeka ini merupakan program strategi vaksinasi yang akan dilaksanakan untuk merayakan hari Kemerdekaan kita 17 Agustus," ucap Sigit di Polda Metro Jaya, Minggu, 1 Agustus.

"Untuk mewujudkan herd immunity, untuk mengejar sisa masyarakat yang belum divaksinasi," sambung Sigit.

Percepatan pembentukan herd immunity, lanjut Sigit, sangat penting untuk melewati masa pandemi COVID-19. Sebab, kesehatan masyarakat merupakan faktor utama untuk mendongkrak kembali ekonomi negara yang sempat anjlok.

Terlebih, untuk saat ini, vaksinasi menjadi salah satu syarat yang diberlakukan di beberapa daerah yang masuk dalam kategori level 4.

"Karena syarat agar pertumbuhan ekonomi bisa kembali berjalan, maka kesehatan menjadi prioritas agar kemudian ekonomi bisa berkembang, karena keduanya tidak bisa dipisahkan. Namun kesehatan tentunya menjadi salah satu faktor atau syarat mutlak untuk aktivitas masyarakat bisa berjalan," papar Sigit.

Karena itu, Sigit mengimbau kepada seluruh masyarakat agar mengikuti program vaksinasi yang dibentuk. Selain itu, masyarakat pun diminta untuk bekerjasama dengan semua pihak agar masa pandemi COVID-19 segera berakhir.

"Maka untuk bisa menurunkan level, diperlukannya kerja sama antara masyarakat, aparat yang tergabung di dalamnya untuk sama-sama menjaga prokes agar angka-angka yang biasanya dilihat sebagai syarat menurunkan level betul-betul tereujud. Sehingga beban ekonomi di masyarakat bisa berkurang," tandas Sigit.