Wagub Riza Yakin Jakarta Tak Akan Tenggelam sebagaimana Dikatakan Joe Biden
Presiden AS Joe Biden (Sumber: Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria angkat bicara mengenai proyeksi Presiden Amerika Serikat Joe Biden yang menyebut Jakarta bakal tenggelam 10 tahun mendatang. Ia mengatakan Jakarta memang dataran rendah.

"Memang di Jakarta datarannya rendah, jadi di Jakarta ada penurunan muka tanah setiap tahun. Namun, tidak berarti 10 tahun Jakarta tenggelam," katanya melalui doorstop virtual, Sabtu, 31 Juli.

Riza mengatakan ada beberapa upaya yang dilakukan Pemrov DKI Jakarta agar Ibu Kota Indonesia tidak tenggalam. Salah satunya dengan mengendalikan pengambilan air tanah di Jakarta secara masif.

"Di antaranya penyedotan air tanah, pipanisasi PAM Jaya ditingkatkan agar kebutuhan air bersih semua dari PAM. Kami bersama PUPR terus membuat program percepatan pipanisasi, air bersih, air minum di Jakarta terus ditingkatkan," ujarnya.

Lebih lanjut, Riza berharap upaya tersebut bisa mengurangi penurunan muka air tanah di Jakarta. Karena itu, dirinya meyakini bahwa Jakarta tak akan tenggelam seperti yang dikatakan Joe Biden.

"Saya kira tidak seperti yang disampaikan demikian bahwa Jakarta akan tenggelam. Kami terus menyiapkan program agar ROB di Jakarta Utara bisa diatasi. Jadi Insyaallah Jakarta tidak tenggelam 10 tahun lagi," katanya.

Sebelumnya, Joe Biden menyinggung prediksi kemungkinan Jakarta akan tenggelam dalam 10 tahun ke depan. Ia mengatakan mengenai kondisi Jakarta dalam pidato mengenai perubahan iklim di kantor Direktorat Intelijen Nasional AS pada Selasa, 27 Juli.

Menurur Biden, permukaan laut naik dua setengah kaki. Karena itu, kata dia, jutaan orang diyakini akan bermigrasi memperebutkan tanah subur.

© 2021 VOI.ID - VOI.I