Legislator PDIP Sarankan Warga Tetap Bungkus Makanan Meski Diizinkan <i>Dine In</i> 20 Menit
Ilustrasi/antara

Bagikan:

JAKARTA - Anggota Komisi IX DPR Fraksi PDIP Rahmad Handoyo, mengapresiasi langkah pemerintah yang memperpanjang masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Level 4 dengan penyesuaian aturan atau pelonggaran terhadap pedagang kecil dan UMKM.

"Saya kira harus kita apresiasi, memang masih terasa sangat sulit untuk dirasakan meski ada penyesuaian itu," ujar Rahmad kepada wartawan, Senin, 26 Juli.

Menurutnya, pemerintah telah memberikan satu lampu hijau kepada pelaku UKM, khususnya di sektor makanan.

Namun, Politikus PDIP itu menyarankan, warga tetap membungkus makanannya, meskipun pemerintah membolehkan waktu makan di tempat atau dine in selama 20 menit di wilayah PPKM level 4. Hal ini mengingat COVID-19 varian Delta yang mudah menyebar.

"Tapi paling tidak massage yang ingin disampaikan meskipun dibuka opsi makan dine in selama 20 menit, lebih baik tekniknya dibungkus atau di-take away itu lebih aman. Karena apa pun bentuknya masih sangat riskan ketika varian Delta sangat mudah proses penyebarannya, sehingga pemerintah memberikan waktu itu meskipun dalam tekniknya tidak semudah yang kita bayangkan," jelasnya.


Kendati demikian, Rahmad acungi jempol keputusan pemerintah yang telah menyesuaikan keinginan masyarakat. Hanya saja, dia mengimbau masyarakat lebih baik membungkus makanannya.

"Paling tidak kita apresiasi ya, pemerintah sudah berikan satu penyesuaian, bukan soal waktu 20 menit, tapi paling tidak kalau tidak terdesak lebih baik kita bungkus tidak ditempat bisa makan di rumah atau tempat lain yang tidak ada potensi penyebaran COVID-19," kata Rahmad.