Panglima TNI Minta Pasien Isoman COVID-19 Boyolali Pindah ke Asrama Haji Donohudan
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo (Foto: Humas Polri)

Bagikan:

JAKARTA - Pemerintah memiliki lokasi isolasi pasien COVID-19 Asrama Haji Donohudan di Boyolali, Jawa Timur sejak akhir 2020 lalu. Pasien yang diisolasi di Asrama Haji Donohudan mayoritas berkategori orang tanpa gejala (OTG).

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengimbau agar warga yang terkonfirmasi positif COVID-19 untuk menjalani isolasi di Asrama Haji Donohudan.

Adapun cara yang bisa dilakukan untuk "mempromosikan" lokasi isolasi terpusat ini dengan cara "getok tular". Jika diartikan dari bahasa Jawa, artinya "mulut ke mulut".

“Sampaikan ke teman-temannya. Kalau ada yang bergejala dari hasil swab PCR atau antigen, wis ke sini saja. Ya seperti itu. Getok Tular seperti itu. Disampaikan,” kata Hadi saat meninjau Asrama Haji Donohudan, Minggu, 25 Juli.

Hadi bilang, warga Boyolali bisa menyampaikan pesan berantai kepada kolega lainnya yang kebetulan menjalani isolasi mandiri di rumah dan bergejala ringan, agar kemudian bersedia dirawat di Asrama Haji Donohudan.

Selain bertujuan untuk lebih menjamin keselamatan dan kesehatan, kata Hadi, perawatan intensif di tempat isolasi terpusat juga dapat mencegah dan menekan angka kasus fatality rate.

Selain itu, untuk menekan angka kematian akibat COVID-19, Hadi juga telah meminta Babinsa dan Bhabinkamtibmas, dibantu Dinas Kesehatan setempat bersama unsur Forkopimda selalu mengontrol secara rutin bagi masyarakat yang menjalani isolasi mandiri di rumah.

"Sehingga pasien dapat tertangani dengan baik dan angka kematian akibat COVID-19 dapat ditekan," ungkap dia.

Lebih lanjut, Hadi memastikan pendistribusian obat-obatan ke Asrama Haji Donohudan sebagai penunjang pemulihan pasien COVID-19 sudah terkondisikan.

“Obat-obatan sudah diberikan ya. Aman ya. Ini adalah wujud bagaimana negara ini hadir untuk membantu, melindungi dan menjamin keselamatan masyarakat,” tutur Hadi.

Diketahui, per Minggu, 25 Juli, jumlah akumulasi pasien yang pernah dirawat di Asrama Haji Donohudan telah mencapai 4.773 orang, pasien pulang ada sebanyak 4.413 orang dan yang dirujuk 74 orang.

Adapun kapasitas tempat isolasi terpusat Asrama Haji Donohudan adalah sebanyak 684 di Gedung Makkah. Saat ini, ada sebanyak 286 orang yang sedang menjalani perawatan.