Cara Menggunakan Fitur Translate Stories Instagram
Ilustrasi (Foto: Instagram via Twitter @mosseri)

Bagikan:

JAKARTA - Instagram baru saja memperkenalkan fitur terjemahan untuk Stories-nya. Fitur ini diketahui akan mencakup 90 bahasa dan memberikan pengalaman baru untuk pengguna.
 
Melalui laman resmi Twitter-nya yang dikutip dari The Verge, Jumat 23 Juli, CEO Instagram, Adam Mosseri mengatakan fitur ini sebelumnya memang sudah tersedia di Feeds, Profil dan Comment, tetapi dia baru berhasil membawanya ke Stories.
 
"Saat Anda melihat sebuah Stories dengan teks, Anda akan mendapat pemberitahuan 'lihat terjemahan' jika bahasa yang Anda berbeda dengan bahasa yang ada di dalam Stories," ungkap Mosseri.
 
Fitur terjemahan di Instagram Stories ini bekerja sama seperti terjemahan untuk Feed. Fitur ini akan menerjemahkan teks secara otomatis. Terjemahan akan mengikuti pengaturan bahasa yang terpasang di Instagram.

Cara Menggunakan Fitur Terjemahan Stories

Bagi pengguna yang sudah tidak sabar mencoba fitur baru ini, tenang. Seperti yang sudah dijelaskan, fitur ini secara otomatis akan mendeteksi adanya bahasa yang berbeda dengan bahasa pengaturan aplikasi, maka fitur "see translation" akan muncul di sisi atas layar, tepat di bawah username.
 
Sebagai contoh, jika pengguna sudah mengatur bahasa mereka dengan bahasa Inggris untuk aplikasi Instagram. Maka, pengguna nantinya akan menemukan Instagram Stories dengan teks dalam Bahasa Indonesia, dan akan muncul opsi "see translation".
 
Kemudian, klik opsi tersebut untuk melihat hasil terjemahan teks berbahasa Indonesia ke dalam bahasa Inggris yang muncul dalam pop-up di bagian bawah layar.
 
Untuk pengaturan bahasa di aplikasi Instagram buka profil, pilih pengaturan, kemudian klik akun, ketuk bahasa dan pilih bahasa yang diinginkan.