AS Jatuhkan Sanksi ke Menteri dan Pasukan Khusus Kuba, Joe Biden: Ini Baru Permulaan
Ilustrasi unjuk rasa Kuba. (Wikimedia Commons/P,TO 19104)

Bagikan:

JAKARTA - Amerika Serikat (AS) menjatuhkan sanksi terhadap Menteri Pertahanan Jenderal Alvaro Lopez Miera dan unit pasukan khusus Kuba (SNB), terkait dugaan pelanggaran hak asasi manusia menangani protes anti-pemerintah awal bulan ini.

Langkah tersebut menandai langkah konkret pertama oleh pemerintahan Presiden Joe Biden untuk menerapkan tekanan pada pemerintah Komunis Kuba, saat menghadapi seruan dari anggota parlemen AS dan komunitas Kuba-Amerika ,untuk menunjukkan dukungan yang lebih besar bagi protes terbesar yang melanda pulau itu dalam beberapa dekade.

Kecepatan pemerintah untuk membuat sanksi baru lebih lanjut menandakan Presiden Biden sangat tidak mungkin untuk melunakkan pendekatan AS ke Kuba dalam waktu dekat setelah pendahulunya, Donald Trump, membatalkan détente era Obama yang bersejarah dengan Havana.

"Ini baru permulaan," kata Biden dalam sebuah pernyataan, yang menyatakan kecaman atas penahanan massal dan pengadilan palsu, seperti mengutip Reuters Jumat 23 Juli.

"Amerika Serikat akan terus memberikan sanksi kepada individu yang bertanggung jawab atas penindasan rakyat Kuba," tegas Presiden Biden.

protes kuba
Ilustrasi unjuk rasa Kuba. (Wikimedia Commons/Perlavisión Cienfuegos)

Presiden Biden menegaskan pada hari Kamis bahwa pemerintahannya sedang mencari cara untuk membantu rakyat Kuba mendapatkan kembali akses internet, setelah Havana membatasi akses ke media sosial dan platform perpesanan, termasuk Facebook dan WhatsApp.

"Kami akan bekerja sama dengan mitra kami di seluruh kawasan, termasuk Organisasi Negara-negara Amerika, untuk menekan rezim," tukas Presiden Biden.

Untuk diketahui, sanksi dijatuhkan di bawah Global Magnitsky Act, yang digunakan untuk menghukum pelanggar hak asasi manusia dengan pembekuan aset dan larangan perjalanan ke Amerika Serikat.

Namun, pejabat AS mengakui pejabat Kuba jarang melakukan transaksi keuangan AS dan jarang melakukan perjalanan ke Amerika Serikat, membatasi dampak praktis dari tindakan tersebut.

Menanggapi sanksi ini, Menteri Luar Negeri Kuba Bruno Rodriguez, dalam unggahan di Twitter menolak sanksi tersebut karena tidak berdasar dan fitnah, mendesak Amerika Serikat untuk menerapkan langkah-langkah tersebut pada catatannya sendiri tentang penindasan harian dan kebrutalan kebijakan.

Pemerintah Kuba menyalahkan protes sebagian besar pada apa yang disebutnya 'kontra-revolusioner' yang dibiayai AS yang mengeksploitasi kesulitan ekonomi yang disebabkan oleh sanksi AS.

Departemen Keuangan AS mengatakan sanksi telah ditempatkan pada seluruh unit keamanan Kementerian Dalam Negeri dan Jenderal Alvaro Lopez Miera, Menteri Pertahanan Angkatan Bersenjata Revolusioner, menggambarkannya sebagai pemimpin entitas yang anggotanya terlibat dalam pelanggaran hak asasi manusia yang serius.

protes kuba
Ilustrasi unjuk rasa warga AS mendukung protes warga Kuba. (Wikimedia Commons/Whoisjohngalt)

Awal bulan ini, ribuan warga Kuba melakukan protes seminggu yang lalu untuk berdemonstrasi menentang krisis ekonomi yang menyebabkan kekurangan barang-barang pokok dan pemadaman listrik. Mereka juga memprotes penanganan pemerintah terhadap pandemi virus corona dan pembatasan kebebasan sipil. Ratusan aktivis ditahan.

Sementara, Presiden Biden telah berjanji selama kampanye 2020 untuk membalikkan beberapa kebijakan era Donald Trump terhadap Kuba. Pada saat yang sama, Pemerintah AS masih mencari cara untuk meringankan penderitaan kemanusiaan rakyat Kuba.

Sebelumnya, pada Hari Selasa Gedung Putih mengatakan Presiden Biden akan membentuk kelompok kerja, untuk memeriksa pengiriman uang ke Kuba setelah protes. Tujuannya untuk menentukan bagaimana Kuba-Amerika dapat mengirim uang ke keluarga di pulau itu, sambil menjaga dana dari tangan pemerintah Kuba.

Pada masa pemerintahannya, Donald Trump memberlakukan pembatasan ketat pada pengiriman uang, yang diyakini sebelumnya berjumlah beberapa miliar dolar per tahun. Gedung Putih, dalam sebuah pernyataan, memperingatkan bahwa masalah pengiriman uang itu rumit dan 'membutuhkan pendekatan yang terukur dan bijaksana dalam koordinasi dengan para ahli.