Bertukar Selamat Iduladha, Menhan Israel Benny Gantz Bicara Membangun Kepercayaan dengan Presiden Palestina, Mahmoud Abbas
Ilustrasi (Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pertahanan Israel Benny Gantz mengaku telah berbicara dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas pada Senin, 19 Juli kemarin. Keduanya sepakat akan perlunya langkah-langkah membangun kepercayaan.

Ini merupakan kontak tingkat tinggi pertama dari pemerintah Israel yang baru dilantik bulan lalu, yang melengserkan pemimpin negara terlama, Benjamin Netanyahu.

Koalisi berkuasa terdiri atas partai sayap kiri, tengah, kanan dan Arab dengan sedikit kesamaan di sektor diplomatik.

Para pejabat mengatakan mereka akan berfokus pada reformasi dalam negeri dan menghindari sebagian besar langkah signifikan pada isu-isu internasional seperti kebijakan terhadap Palestina.

Ganz, seperti dikutip dari Reuters via Antara mengatakan, dirinya dan Abbas saling bertukar ucapan selamat Iduladha pada Selasa, 20 Juli atau pada salah satu perayaan paling sakral dalam kalender Islam.

"Pembahasan yang positif dan keduanya mencatat perlunya memajukan langkah membangun kepercayaan antara Israel dan Otoritas Palestina (PA), yang akan menguntungkan ekonomi dan keamanan di seluruh kawasan," tulis pernyataan dari kantor Gantz.

Kantor Abbas membenarkan percakapan tersebut tanpa memberikan informasi lebih lanjut.

Presiden baru Israel mengatakan bahwa pekan lalu dirinya telah berbicara dengan Abbas, yang memberikan selamat atas peran barunya tersebut.