Bagikan:

JAKARTA - Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Doni Monardo berencana kunjungi tiga provinsi yang mengalami peningkatan kasus COVID-19. Tiga provinsi tersebut adalah Jawa Timur, Kalimantan Selatan, dan Sulawesi Selatan.

Kunjungan ini, kata dia, bertujuan untuk memberi dukungan bagi tiga provinsi itu dalam melawan penyebaran virus corona.

"Rencananya, minggu depan saya bersama dengan Menteri Kesehatan akan berkunjung ke beberapa provinsi yang telah disampaikan untuk memberikan dukungan," kata Doni dalam konferensi pers secara daring yang ditayangkan di akun YouTube Sekretariat Kabinet, Kamis, 4 Juni.

Dalam kunjungannya, Doni akan meningkatkan kemampuan tiga provinsi tersebut di bidang fasilitas kesehatan, alat kesehatan, dan bidang pelacakan masyarakat yang terjangkit maupun yang melakukan kontak erat dengan pasien positif.

Khusus untuk Jawa Timur, sambung Doni, Gugus Tugas dan Kementerian Kesehatan telah memberikan sejumlah bantuan berupa mesin pengujian polymerase chain reaction (PCR) permanen maupun mobil. "Termasuk juga bantuan dari Badan Intelejen Negara," tegas dia.

Terkait kondisi di Jawa Timur, Doni memaparkan saat ini fasilitas rumah sakit di wilayah tersebut padat. Hal ini kemudian menjadi perhatian dirinya. Sebab, dia tak ingin para dokter dan perawat mengalami penurunan imunitas karena kurang istirahat.

Apalagi, pengalaman serupa pernah terjadi di Jakarta ketika pagebluk COVID-19 baru terjadi. Kata dia, saat itu para dokter dan perawat banyak yang kelelahan dan mereka akhirnya terjangkit.

"Mereka ini adalah pahlawan-pahlawan kemanusiaan yang selalu harus kita bentengi dan harus kita lindungi. Sehingga kami bersama Kementerian Kesehatan akan selalu berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan perlindungan," ungkapnya.

Terkait kondisi terakhir di Jawa Timur, Doni memaparkan, saat ini Provinsi Jawa Timur dan Kota Surabaya telah mampu membangun rumah sakit darurat untuk menangani masyarakat yang terjangkit. "Sehingga, beban rumah sakit rujukan bisa berkurang," katanya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo meminta Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 memperhatikan tiga provinsi yang angka penyebaran virusnya masih tinggi. Hal ini dia sampaikan dalam rapat terbatas terkait penanganan COVID-19.

"Saya ingin kita konsentrasi. Gugus Tugas atau kementerian, dan TNI Polri utamanya, konsentrasi di tiga provinsi yang angka penyebarannya masih tinggi yaitu Jatim, Sulsel, dan Kalsel," kata Jokowi saat membuka ratas yang ditayangkan di akun YouTube Sekretariat Presiden, Kamis, 4 Juni. 

Kata dia, penanganan COVID-19 di tiga provinsi tersebut butuh perhatian khusus agar penularan virus di sana segera ditekan dan menurun. 

"Tolong, ini jadi perhatian khusus sehingga angka bisa kita tekan lebih turun lagi," tegas mantan Gubernur DKI Jakarta ini.