Gibran Rakabuming Terpapar COVID-19, Warganet: <i>Syafakallahu...</i>
Gibran Rakabuming Walikota Surakarta terpapar COVID-19. (Dok Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Walikota Surakarta Gibran Rakabuming  mengumumkan kalau dirinya terpapar COVID-19. Warga Warganet memberikan beragam reaksi atas kabar yang dikemukakan putra sulung Presiden Jokowi ini. Paling banyak warganet memberikan doa untuk suami Selvi Ananda itu.

Sejatinya Gibran sudah mengetahui hasil PCR pada Senin 12 Juli yang lalu. Namun baru Rabu 14 Juli dia secara resmi ia mengumumkan kepada publik soal terpapar COVID-19 ini. 

"Hasil tes PCR saya keluar pada Senin 12 Juli  pagi, saat ini saya sedang menjalani isolasi mandiri," katanya di Solo, Rabu 14 Juli seperti dilansir Antara. Sebelum melakukan ates PCR ia sempat melakukan tes antigen, namun hasilnya negatif. 

Gibran Rakabuming saat meninjau pelaksanaan vaksinasi di salah satu tempat di kota Surakarta. (Dok Antara)
Gibran Rakabuming saat meninjau pelaksanaan vaksinasi di salah satu tempat di kota Surakarta. (Dok Antara)

 

Karena tidak ada gejala yang berarti setelah dinyatakan terpapar COVID-19 Gibran termasuk dalam katagori OTG alias orang tanpa gejala. Tindakan yang dilakukan atas dirinya pun isolasi mandiri di rumah. 

Meski di rumah saja menjalani isoman, bapak dua anak ini tak melupakan tugasnya sebagai seorang pejabat publik. Ia masih melakukan koordinasi secara daring dengan Wakil Wali Kota Surakarta Teguh Prakosa dan Sekretaris Daerah Ahyani lebih aktif turun ke lokasi rawan untuk memastikan penanganan COVID-19 berjalan dengan baik. 

"Saya juga minta ajudan untuk tetap 'muter' keliling Solo untuk membagikan sembako kepada warga yang membutuhkan," katanya. Tugas Gibran Rakabuming sebagai Walikota sepertinya masih bisa dilakukan meski kini dirinya terpapar COVID-19.

Doa Kesembuhan

Kabar soal terpaparnya Gibran yang terpar corona mendapat tanggapan beragam dari warganet. Mereka memberikan reaksi yang beragam, paling banyak warga dunia maya mendoakan kesembuhan pria yang juga pengusaha kuliner itu. "Cepat sembuh buat pak gibran....," kata pemiliki akun @yohanitaeka25 di laman istragram resmi milik Gibran @gibran_rakabuming.

Doa serupa disampaikan oleh pemilik akun @mailikamari. "Syafakallahu (semoga Allah sembuhkan) mas gibran. Laa ba'asa thahuurun insya allah...smoga segera diberi kesembuhan yo mas...aamiin," katanya mendoakan dalam bahasa Arab dan Bahasa Indonesia.

Ada juga warganet yang menggunakan bahasa Jawa untuk mendoakan Walikota Solo ini. "Mugi enggal waras (semoga cepat sembuh), Mas!," kata pemilik akun @barcelonabryan dalam basaha Jawa kromo (halus). 

Ada juga yang memberikan ucapan doa dengan menanyakan soal kelanjutan vaksinasi. "Syafakallah pak... Pak. Badhe tanglet bapak saya sudah vaksin pertama. Nah udah waktunya vaksin kedua. Tapi katanya puskesmas pws (Purwosari) baru lockdown. Terus vaksin keduanya diundur berati Pak?," begitu pertanyaan yang diajukan pemilik akun @serba_adasoloo. Namun pertaanyaan ini belum mendapat repons dari Gibran Rakabumingraka atau pun staf Walikota Solo lainnya.

Seperti harapan sebagian besar warganet yang mengharapkan Walikota Surakarta itu bisa pulih dari paparan COVID-19Gibran Rakabuming  menambah panjang daftar pejabat publik yang terpapar virus corona. Semoga bisa melewati masa isolasi mandiri di rumah meski tetap melakoni tugasnya sebagai Walikota Surakarta.