Lukisan Karya Pelukis Kerajaan Inggris yang Dicuri Nazi Dilelang 1,3 Juta Dolar AS
Lukisan Keluarga Cornelis de Vos. (Wikimedia Commons/Dickinson Gallery, London and New York)

Bagikan:

JAKARTA - Sebuah lukisan abad ke-17 yang ditemukan dari Nazi Jerman, dapat terjual lebih dari $ 1,380 juta dalam lelang Old Masters Evening Sale di London, Inggris pada Hari Rabu. 

Lelang tersebut dilakukan bersama dengan lukisan-lukisan lain dari periode waktu yang sama, menurut seperti mengutip Jerusalem Post dari Penta Magazine.

Lukisan, yang dikenal sebagai Potret Keluarga, atau Keluarga Cornelis de Vos adalah karya seniman Barok Flemish Sir Anthony Van Dyck. Ia bukan pelukis sembarangan, melainkan pelukis istana terkemuka untuk keluarga Kerajaan Inggris sebelum kematiannya pada 1641. 

Lukisan tersebut menggambarkan potret keluarga sesama pelukis Cornelis de Vos, bersama sang istri Suzanna Cock, beserta kedua anaknya, Magdalena dan Jan-Baptis. 

Memiliki  ukuran 44 inci, lukisan tersebut dibeli oleh Sir Francis Cook pada tahun 1868, dan berada di keluarganya sampai tahun 1930-an, ketika pedagang seni Belanda Nathan Katz membeli kepemilikan lukisan itu, bersama dengan sekitar 40 orang lainnya.

lukisan
Lukisan Keluarga Cornelis de Vos. (Wikimedia Commons/Dickinson Gallery, London and New York)

Namun, menurut perusahaan multinasional Sotheby's, penjualan paksa kepada komandan militer Nazi yang berpengaruh, Herman Goering, membuat lukisan tersebut jatuh ke tangan Reich Ketiga hingga akhir Perang Dunia Kedua.

Lukisan itu, jelas Penta, dikembalikan ke keluarga Katz pada tahun 1948 setelah diambil kembali oleh Monuments Men, pasukan khusus direktur museum, kurator serta sejarawan Amerika Serikat dan Inggris, yang mempertaruhkan hidup mereka untuk memulihkan seni yang dijarah Nazi.

Setelahnya, lukisan tersebut kemudian dijual ke kolektor dan pecinta seni Emil Georg Buhrle yang telah memasangnya untuk dilelang di Sotheby's London, di mana diperkirakan akan terjual antara $ 1,38 juta dan $ 2,07 juta, menurut situs web Sotheby's.