Kabar Duka dari Kota Tangerang, Sebanyak 213 Orang Meninggal akibat COVID-19
Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah (Foto: Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Wali Kota Tangerang, Banten, Arief R Wismansyah mengatakan jumlah kasus COVID-19 di daerahnya per hari ini mencapai 11.185 orang dengan rincian 654 orang masih dirawat, 213 orang meninggal dunia dan sisanya telah sembuh.

"Kasus COVID-19 di Kota Tangerang selama dua pekan terakhir alami lonjakan dan penambahan kasus harian yang sangat signifikan. Maka itu kita harus disiplin terapkan prokes," kata Wali Kota Arief usai meninjau UPT Labkesda, dilansir Antara, Senin, 28 Juni.

Kemudian jumlah keterisian bed ICU di seluruh rumah sakit seKota Tangerang saat ini 96,06 persen. "Di RS, BOR untuk ICU sudah 96,06 persen. Sedangkan tempat tidur untuk perawatan pasien COVID-19 sudah 93,46 persen," katanya.

Untuk penanganan, Pemkot Tangerang telah memaksimalkan seluruh fasilitas kesehatan seperti Puskesmas yang dijadikan sebagai IGD dalam pertolongan pertama kepada warga yang alami gejala.

"Untuk yang gejala ringan kita isolasi di RIT hal ini sebagai upaya untuk mengurangi beban di rumah sakit yang terus bertambah setiap harinya dan peningkatan kasus," katanya.

Lalu untuk pencegahan penularan di lingkungan, Wali Kota telah meminta kepada Camat dan Lurah melakukan koordinasi dengan Satgas RT/RW untuk melaporkan segala perkembangan agar jika dibutuhkan penanganan cepat dapat dilakukan.

Lalu warga juga diminta menumbuhkan sifat gotong royong membantu yang sedang menjalani isolasi mandiri dengan memberikan bantuan pangan dan sebagainya.

Sebab penanganan COVID-19 di lingkungan adalah kerjasama semua pihak dan menumbuhkan kesadaran disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan.

"Kalau ada yang memiliki background tenaga kesehatan bisa diberdayakan, agar penanganannya lebih optimal," ujarnya.