Mengenal Kalung Air Purifier yang Dipakai Tokoh seperti Airlangga Hartarto, Harganya Sekitar Rp2,2 Juta
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto. (Foto: Dok. Kemenko Perekonomian)

Bagikan:

JAKARTA - Sejumlah tokoh menggunakan kalung air purifier ketika mereka berada di ruang publik. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartato tampak sering mengenakannya.

Lantas, apa manfaat kalung air purifier? Saat mendengar istilah itu, pada umumnya "air purifier" memang diletakkan di ruangan sebagai pembersih udara. Air pulifier dalam kemasan kalung memiliki manfaat yang sama dan lebih praktis karena dapat dibawa ke mana-mana. 

Alasan air purifier dipakai dalam bentuk kalung adalah agar berada di dekat mulut, hidung, dan mata sang pengguna.

Dirangkum dari berbagai sumber, air purifier berfungsi mengeluarkan ion negatif dan melindungi sang pengguna dari zat polutan, sepertri PM 2,5, asap, racun, debu, hingga bakteri.

Lalu, air purifier berfungsi meningkatkan konsentrasi ion negatif di lingkungan sekitar dan memberikan perlawanan atas udara yang tidak bersih. 

Air purifier dipercaya dapat menangkal secara tidak langsung virus-virus non-hygienic yang beredar di sekitar, meskipun belum ada klaim dapat mengusir COVID-19.

Harga kalung air purifier bervariasi. Pada platform belanja daring (online), kalung air purifier dengan berbagai merek dibanderol dengan harga Rp300 ribu hingga Rp1 juta.

Sementara, air purifier yang digunakan Airlangga adalah Air Supply Rechargeable AS-300R Personal Ionic Air Purifier yang diproduksi Wein Product. Harganya sebesar 149,95 dolar AS atau sekitar Rp2,23 juta.