2 Hektare Lahan Gambut di Balangan Kalsel Terbakar
FOTO VIA ANTARA

Bagikan:

TABALONG - Sekitar dua hektare lahan gambut di Desa Teluk Karya, Kecamatan Lampihong, Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan terbakar.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Balangan Alive Yoesfah Love mengatakan saat pihaknya mendapat laporan, kondisi api sudah 75 persen padam.

Namun, pihaknya masih melakukan pengawasan apabila terjadi penyebaran api yang meluas.

"Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kabupaten Balangan dibantu Masyarakat Peduli Api (MPA) berupaya maksimal memadamkan api yang membakar lahan gambut di Desa Teluk Karya," kata dia dikutip Antara, Kamis, 24 Juni.

Dia mengatakan api menjalar di lahan gambut dengan cepat, sementara tim TRC dibantu MPA saling bahu-membahu melakukan pemadaman.

Mereka memadamkan api dengan menggunakan jet shoter dan mesin portabel jinjing, petugas berjalan mendatangi titik yang masih ada apinya.

Pada proses pemadaman api, para anggota TRC sempat mendapati kendala, yakni perihal kondisi jalan dan situasi malam yang tidak memungkinkan melanjutkan pemadaman.

Mereka memutuskan kembali ke titik kumpul karena jalur yang dilewati terhalang sungai untuk menuju lokasi titik api lainnya pada tempat yang sama.

Diketahui juga desa tersebut menjadi satu desa yang rentan mengalami karhutla. Begitu juga untuk keseluruhan wilayah di Kecamatan Lampihong, Kabupaten Balangan.