Ketika Baliho Puan di Media Sosial dengan Tagline "Indonesia Hebat!" Ramai Diperbincangkan
Baliho Puan Maharani (Foto: Twitter @lutfimuhamad)

Bagikan:

JAKARTA - Ketua DPR RI dari Fraksi PDIP tampak di sebuah baliho dengan tagline "Indonesia Hebat!". Baliho tersebut sudah tersebar di beberapa daerah.

Dilansir dari era.id, Kamis, 24 Juni, beredar info kalau seluruh legislator PDIP diinstruksikan oleh Ketua Fraksi PDIP di DPR, Utut Adiando, untuk memasang baliho Puan di daerah pemilihannya masing-masing. Belakangan hal itu dibantah Ketua DPP PDIP, Ahmad Basarah.

 

"Informasi Fraksi PDI Perjuangan DPR RI menginstruksikan agar anggota memasang foto Ketua DPR RI di dapilnya masing-masing adalah tidak sepenuhnya benar. (Pemasangan baliho) karena mereka bangga Republik Indonesia berhasil memiliki Ketua DPR RI perempuan pertama sepanjang sejarah," kata Ahmad, Senin 21 Juni. 

Di media sosial, baliho Puan diolok-olok karena memakai kutipan Presiden RI 1 Soekarno yang berbunyi, "Barangsiapa ingin mutiara, harus berani terjun di lautan yang dalam." 

"Mungkin dia belum tahu toko perhiasan, toko souvenir pun juga jual mutiara, ngapain harus nyebur ke laut," tulis @lutfimuham*** lewat akun Twitternya.

Tidak cuma itu, ada juga yang mengenang momen saat Puan mematikan mig dalam ruang sidang parlemen. "Barang siapa yg ingin di mute, debatlah bersama mba puan," tulis @Anuydo***.

Meski panen hujatan dari warganet, pengamat politik sekaligus peneliti Surabaya Survey Center (SSC) Surokim Abdussalam menilai munculnya baliho-baliho Puan berefek positif pada tahun 2024.

"Banyak orang tahun 2024 ada Pemilihan Presiden, dan baliho yang dipasang akan berdampak baik karena secara tidak langsung ikut mengampanyekan," ujar Surokim Abdussalam.

Baliho-baliho bergambar Puan Maharani sendiri makin mudah terlihat di beberapa titik di sejumlah daerah di Jawa Timur.

Baliho yang mayoritas berukuran besar bertuliskan "Mbak Puan" itu disebutnya berhasil menghidupkan kembali semangat gotong royong sebagaimana semboyan PDI Perjuangan.

Jika aksi pasang baliho puan kian masif, menurut Surokim Abdussalam, bukan tidak mungkin elektabilitas Puan Maharani bakal makin naik.

Fenomena gotong royong arus bawah yang terus didorong, diperkirakan Puan Maharani miliki banyak surplus elektoral.

"Tinggal bagaimana Mbak Puan berupaya terus mendorong gotong royong di arus bawah partai. Bukan hanya mendorong yang sudah ada, melainkan juga menciptakan gotong royong baru," katanya.