Karhutla Melanda 7 Kecamatan di Hulu Sungai Selatan Kalsel
Petugas memadamkan karhutla di Desa Badaun, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalsel, Sabtu 29 Juli 2023. (ANTARA-HO-BPBD HSS)

Bagikan:

KALSEL - Sebanyak tujuh dari 11 kecamatan di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) mengalami kebakaran hutan dan lahan (karhutla) dalam sepekan terakhir.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) HSS, Kusairi mengatakan, jumlah luasan areal yang terbakar belum bisa dipastikan.

"Tetapi untuk titik api dalam minggu ini ada di Kecamatan Daha Barat, Daha Utara, Daha Selatan, Kalumpang, Telaga Langsat, Simpur, dan Sungai Raya," ujarnya di Kandangan, Kalsel, Senin 31 Juli, disitat Antara.

Pada Sabtu 29 Juli, karhutla yang melanda Desa Badaun, Kecamatan Daha Barat yang terjadi sekitar pukul 18.10 Wita dan baru bisa dipadamkan sekitar pukul 19.15 Wita.

Luasan lahan yang terbakar di Desa Badaun sekitar 1,5 hektare. Jenis lahan terbakar semak belukar, dengan jenis tanah gambut dan dengan tipe karhutla serta dengan kebakaran di permukaan atas.

Api menjalar di lahan cukup cepat namun berhasil dipadamkan. Pemadaman melibatkan unsur Tim Kesiapsiagaan dan Tanggap Darurat (TKTD) PT Subur Agro Makmur (SAM), TNI-Polri, satgas kecamatan, Tagana, Damkar, PMI, BPK/PMK, dan Masyarakat Peduli Api (MPA).

Berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kalimantan Selatan, wilayah HSS pada Minggu 30 Juli, dilaporkan memiliki titik panas terbanyak dengan 73 titik panas.

Titik panas tersebut tersebar di empat kecamatan di Kabupaten HSS, yakni Kecamatan Daha Barat, Daha Selatan, Daha Utara, dan Kalumpang.