Polda Papua Dalami Semua Pihak Soal Aliran Dana Pembelian Senjata KKB, Termasuk Ketua DPRD Tolikara
Kabid Humas Polda Papua, Kombes Ahmad Musthofa Kamal

Bagikan:

JAKARTA -  Polda Papua menegaskan bakal memeriksa semua pihak tanpa terkecuali dalam pengusutan penyuplai dana pembelian sejata oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB), Ratius Murib alias Nelson Murib.

Pemeriksaan juga dilakukan terhadap Ketua DPRD Kabupaten Tolikara, Sonny Wanimbo.

"Untuk siapa saja yang diduga terlibat kasus tersebut akan diminta keterangan agar kasusnya terang," kata Kabid Humas Polda Papua, Kombes Ahmad Musthofa Kamal dalam keterangannya, Jumat, 18 Juni.

Dalam pengusutan, lanjut Kamal, Nelson Murib bakal dibawa ke Polda Papua. Rangkaian pemeriksaan akan dilakukan untuk mengusut tuntas dalang di balik kasus tersebut.

"Untuk kasus ini rencana tersangka akan dibawa ke Polda untuk penanganannya ditangani Ditkrimum Polda," kata dia.

Diberitakan sebelumnya, Kapolda Papua Irjen Mathius Fakhiri menyebutkan RM alias NM (26) yang ditangkap di Bandara Mulia Kabupaten Puncak Jaya adalah pencari senjata api dan amunisi untuk kelompok kriminal bersenjata (KKB) pimpinan Lekagak Telenggen.

"RM sudah mengaku kepada penyidik, termasuk aliran dana yang diperoleh untuk membeli senpi dan amunisi," kata Irjen Mathius Fakhiri, di Jayapura, Selasa, 15 Juni.

Ketika ditanya tentang asal uang yang diamankan bersama RM, Kapolda Papua mengatakan RM mendapat uang tersebut dari seseorang yang saat ini masih didalami penyidik.

"Terkait dengan aliran dana yang dipegang RM masih dalam penyelidikan. Perkembangan selanjutnya akan diinfokan lagi," kata Kapolda Papua.