Pesan Jokowi ke Lulusan Perguruan Tinggi: Berdedikasi dan Mampu Ciptakan Lapangan Kerja
Presiden Jokowi (DOK via Setkab)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan lima harapan untuk lulusan perguruan tinggi. Salah satunya adalah berdedikasi untuk pembangunan bangsa dan negara dan hal ini tidak boleh ditawar.

"Lulusan kita harus sangat kuat dedikasinya untuk kemajuan bangsa, juga untuk kemanusiaan, juga untuk toleransi kebhinekaan. Itu watak yang tak boleh ditawar," kata Jokowi acara bincang-bincang Festival Kampus Merdeka yang disiarkan di YouTube Sekretariat Presiden, Selasa, 15 Juni.

Jokowi menyebut lulusan perguruan tinggi di Tanah Air harus punya karakter dan kemampuan menjadi pembelajar yang kuat. 

Artinya, mereka diminta selalu belajar hal baru karena ini penting di tengah masa yang terus berubah secara cepat dan penuh dengan disrupsi.

"Tanpa belajar terus menerus, lulusan kita akan tertinggal oleh perkembangan iptek yang perkembangannya sangat pesat sekali," tegasnya.

Ketiga, Jokowi meminta lulusan memiliki kemampuan berinovasi dan mampu menjadi pemecah masalah sosial yang ada di masyarakat. 

Sehingga, para lulusan tidak hanya berkemampuan akademik tapi dapat berkontribusi menyelesaikan masalah sosial melalui pemanfaatan teknologi lewat inovasi juga kewirausahaan.

Harapan keempat, Jokowi meminta lulusan perguruan tinggi di Tanah Air selalu menguasai Iptek terbaru termasuk yang belum dikuasai kampus asal mereka tapi sudah digunakan di industri. Sehingga, dia menilai, keterlibatan dunia industri dalam perguruan tinggi sangat penting.

"Kelima, lulusan kita jangan hanya siap mengisi lapangan kerja tapi juga mampu menciptakan lapangan kerja," ungkapnya.

"Inilah pentingnya pendidikan kewirausahaan dan juga interaksi yang intensif dengan dunia industri menjadi kunci yang penting bagi karya-karya inovatif bagi lulusan kita," pungkas Jokowi.