Siap-Siap! Bocoran Formasi CPNS 2024, Seleksi Dibuka Mulai Januari
Bocoran formasi CPNS 2024 (Antara)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada tahun ini dibuka lebih awal, sehingga menjadi kabar bahagia bagi para pencari kerja. Pemerintah bakal mengadakan rekrutmen CPNS pada bulan Januari dengan alokasi kuota terbesar untuk lulusan SMA sederajat dan perguruan tinggi. Lantas seperti apa bocoran formasi CPNS 2024?

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Abdullah Azwar Anas, langsung mengadakan rapat koordinasi internal di hari pertama kerja tahun 2024. Salah satu hal penting yang dibahas dalam rapat tersebut adalah persiapan seleksi CPNS untuk tahun ini. 

"Rencananya, Presiden Joko Widodo akan mengumumkan pembukaan seleksi CASN 2024. Kebijakan pada 2024 diharapkan mengurangi sedapat mungkin jabatan yang akan terdampak oleh transformasi digital," ungkapnya.

MenpanRB mengungkapkan bahwa pada seleksi CPNS tahun ini akan diprioritaskan untuk tenaga guru dan tenaga kesehatan. Bagi para jobseeker atau fresh graduate, penting untuk memantau bocoran formasi CPNS 2024 dan jadwal pelaksanannya.

Bocoran Formasi CPNS 2024

Pemerintah mengadakan rekrutmen CPNS 2024 untuk memenuhi kebutuhan SDM di instansi pemerintah, baik pusat maupun daerah. Selain memprioritaskan posisi untuk tenaga guru dan tenaga kesehatan, pada seleksi CPNS tahun ini pemerintah juga membuka ruang lebih besar bagi fresh graduate bagi lulusan baru SMA dan perguruan tinggi. 

Azwar Anas mengungkapkan bahwa pemerintah memiliki alasan tersendiri membuka kesempatan lebih besar pada seleksi CPNS bagi para lulusan baru. Hal ini mengingat kuota yang dibuka bagi fresh graduate pada rekrutmen CPNS dan PPPK tahun lalu masih relatif kecil. 

"Kemudian kedua kita akan lakukan rekrutmen fresh graduate, anak-anak yang baru lulus, yang selama ini belum ada rekrutmen CPNS," ucap MenpanRB.

Selain itu, Menteri Anas juga menyebutkan bahwa para lulusan baru nantinya diharapkan dapat mendukung transformasi digital dalam birokrasi pemerintahan. Namun ketentuan lebih lanjut mengenai hal ini masih dikaji dan didalami mengenai posisi yang diperlukan, mulai dari guru, dokter, dan talenta digital. 

MenpanRB juga menjelaskan bahwa arahan dari Presiden Jokowi mengenai penerimaan CPNS dari lulusan baru akan ditempatkan di Ibukota Nusantara (IKN). Proyeksi kebutuhan ASN tahun 2024 diperuntukkan bagi instansi pusat, instansi daerah, dan lulusan sekolah kedinasan. Selain itu, pemerintah juga akan memberikan apresiasi bagi ASN yang ingin bertugas di daerah 3T (tertinggal, terluar, terdepan).

"Pemerataan guru di daerah 3T (terdepan, terluar, tertinggal) menjadi salah satu fokus pengadaan di tahun depan. Pemerintah juga akan memberi afirmasi bagi guru non-ASN yang telah mengabdi di daerah 3T agar bisa diakomodir menjadi PPPK," ucap Menteri Anas.

Kuota CPNS 2024

Untuk jumlah kuota pada seleksi CPNS 2024 masih belum ditentukan. MenpanRB belum bersedia memaparkan berapa banyaknya kuota yang disiapkan oleh pemerintah bagi para fresh graduate pada rekrutmen tahap pertama. Ia mengatakan bahwa informasi terkait kuota CPNS bagi lulusan baru bakal disampaikan langsung oleh Presiden Jokowi. 

"Jumlahnya saya belum bisa umumkan hari ini karena nanti di bulan pertama, Januari minggu pertama, presiden (Jokowi) akan mengumumkan," tutur Menteri Anas.

MenpanRB mengungkapkan bahwa pada seleksi CPNS tahun ini, kouta yang disiapkan sekitar 1,3 juta. Perhitungan jumlah kuota tersebut berdasarkan pada sisa formasi rekrutmen CPNS 2023. 

Bocoran Jadwal Seleksi CPNS 2024

Jadwal seleksi CPNS 2024 bakal diumumkan oleh Presiden Jokowi. Kabarnya pemerintah akan kembali membuka rekrutmen CPNS pada Januari tahun ini. Meskipun jadwal pendaftaran masih belum dirilis, mengenai informasi terbaru bisa dipantau lewat akun media sosial dan situs resmi pemerintah. 

Demikianlah ulasan mengenai bocoran formasi CPNS 2024 yang segera dibuka oleh pemerintah. Para pencari kerja atau fresh graduate diharapkan untuk selalu memantau informasi terbaru dari pemerintah mengenai rekrutmen CPNS tahun ini. Baca juga seleksi CASN dibuka luas untuk fresh graduate

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan kabar terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.