Alasan Pemerintah Alokasikan Formasi CPNS untuk <i>Fresh Graduate</i> Khususnya di Bidang Digital
Ilustrasi CPNS (ANTARA-Miko Elfisha)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Pemerintah berencana membuka formasi untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di tahun 2024. Rencana tersebut dilakukan bukan tanpa sebab. Ada alasan Pemerintah alokasikan formasi CPNS untuk fresh graduate. Bagi masyarakat yang ingin mendaftar, simak informasi dan bocoran formasi CPNS 2024.

Alasan Pemerintah Alokasikan Formasi CPNS Untuk Fresh Graduate

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Abdullah Azwar Anas menjelaskan, alasan pemerintah kembali mengalokasikan formasi CPNS 2024 bagi fresh graduate adalah sebagai komitmen negara untuk memberi kesempatan pada talenta muda terbaik guna mengabdikan pikiran dan tenaga kepada negara.

Selain itu pemerintah juga membuka banyak formasi bagi talenta digital agar mereka bisa mendorong birokrasi pelayanan publik agar bisa berjalan lebih efektif dan efisien.

"Talenta-talenta baru ini selain agar berdampak dan mengakselerasi ekonomi nasional yang penting adalah agar akuntabilitas birokrasi ini semakin bagus," jelas Menpan-RB Anas.

"Talenta digital dan formasi baru kita dorong agar dapat memperkuat Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP)," sambungnya lagi.

Mekanisme Rekrutmen CASN 2024

Seperti diketahui, Pemerintah akan menyediakan 2,3 juta formasi dalam kesempatan rekrutmen CPNS tahun 2024. Formasi CASN 2024 sendiri terdiri dari 207.247 calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan 221.936 pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK). Formasi tersebut mencakup guru, dosen, tenaga kesehatan, dan tenaga teknis.

Menpan-RB Abdullah Azwar Anas menjelaskan, rekrutmen CPNS 2024 nantinya menggukana sistem computer assisted test (CAT) secara nasional dengan teknologi digital. Hal itu dipilih agar seleksi lebih transparan dan akuntabel.

Seleksi kompetensi juga akan berbasis online, salah satunya dengan melibatkan teknologi pengenalan wajah (face recognition) untuk menekan potensi kecurangan.

Selain itu nilai hasil seleksi juga disajikan secara real-time sehingga bisa diakses publik secara langsung, salah satunya juga akan disiarkan melaluui live score YouTube.

"Pengadaan CASN diperuntukkan bagi setiap WNI dan semuanya mempunyai kesempatan yang sama. Jadi kita pastikan pelaksanaan seleksi dilakukan secara transparan dan akuntabel," jelas Anas.

Formasi CPNS 2024

Tahun 2024 formasi ASN termasuk CPNS mencapai 2,3 juta formasi dengan rincian kebutuhan untuk instansi pusat adalah 429.183 dengan kebutuhan 207.247 CPNS dan 221.936 PPPK gabungan guru, dosen, nakes, dan tenaga teknis.

Sedangkan untuk kebutuhan instansi daerah mencapai 1.867.333 formasi yang terdiri dari CPNS sebanyak 483.575 formasi dan 1.383.758 formasi PPPK. Selain itu alokasi sekolah kedinasan sebanyak 6.027 formasi. Untuk rincian kebutuhan PPPK yakni 419.146 guru, 417.196 nakes, dan 547.416 tenaga teknis.

Di tahun 2024 fresh graduate juga mendapat kesempatan yang besar karena Pemerintah membuka formasi sebanyak 690.822 yang mencakup dosen, guru, nakes, dan tenaga teknis termasuk talenta digital.

Itulah informasi terkait alasan Pemerintah alokasikan formasi CPNS untuk fresh graduate. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.