Bagikan:

JAKARTA - Ukraina mencatatkan jumlah kasus infeksi harian terendah COVID-19 dalam waktu 24 jam terakhir, untuk kurun waktu satu tahun seperti diumumkan Kementerian Kesehatan negara tersebut.

Total ada 535 kasus infeksi harian baru virus corona yang dilaporkan pada Senin 7 Juni oleh Kementerian Kesehatan Ukraina. Ini angka terendah sejak 9 Juni 2020, di mana kala itu Ukraina mencatat 525 kasus infeksi harian, seperti melansir Reuters Senin 7 Juni.

Meski demikian patut diwaspadai, lantaran jumlah infeksi baru yang tercatat biasanya turun pada Hari Senin, karena lebih sedikit penelusuran kasus infeksi selama akhir pekan.

Ukraina yang tercatat memiliki populasi 41 juta jiwa, telah menjadi salah satu negara Eropa yang paling terpengaruh virus sejauh ini. dengan sekitar 2,22 juta kasus COVID-19

Sementara, jumlah kematian dalam 24 jam terakhir bertambah sebanyak 33 kasus, sehingga total jumlah kematian akibat COVID-19 di Ukraina mencapai 51.215. Membuat Ukrainan duduk di peringkat 16 dalam catatan Worldometers.info.

Terpisah, melansir covid.unian.info, penduduk Ukraina yang berdiam di Donbas, wilayah yang dilanda konflik antara Ukraina dengan Rusia, diizinkan untuk menyeberang ke wilayah yang dikendalikan pemerintah tanpa isolasi diri wajib jika mereka berusaha mendapatkan vaksin COVID-19. Daftar pelamar akan diteruskan ke pos pemeriksaan penyeberangan di Donbas.

Untuk dapat melewati pos pemeriksaan di perbatasan, warga harus menunjukkan undangan vaksinasi dengan pengenal unik. Sementara, warga Ukraina yang menjalani isolasi diri saat menyeberang dari daerah yang diduduki, diharuskan menginstal dan mengaktifkan aplikasi seluler Vdoma selama menyeberang. Jika tidak mungkin bagi mereka untuk memasangnya, mereka harus diawasi.