Victoria, Zona Merah COVID-19 yang Kini Nihil Kasus
Ilustrasi foto (Sharon McCutcheo/Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Victoria adalah negara bagian di Australia yang terklasifikasi sebagai zona merah COVID-19. Kini, mereka catatkan nihil kasus.

Catatan nihil kasus di Victoria adalah yang pertama sejak Juni. Bulan itu mereka hampir saja melonggarkan pembatasan larangan.

Namun wabah baru di pinggiran utara Melbourne membuat mereka membatalkan langkah itu. Lima juta warga Melbourne, Ibu Kota Victoria merasakan penguncian ketat sejak Juli dengan penutupan sektor bisnis serta pembatasan mobilitas warga.

Kota itu baru saja bangkit dari gelombang kedua setelah kuncitara membantu menurunkan jumlah kasus harian menjadi satu digit dalam beberapa hari belakangan. Padahal, negara bagian ini sempat mencatatkan angka 700 sebagai puncak kasus pada awal Agustus.

Akan tetapi, klaster di lima wilayah sekitar telah memicu kekhawatiran wabah baru. Australia hingga saat ini melaporkan 27.500 lebih infeksi COVID-19, jauh lebih sedikit dibanding banyak negara berkembang lain.

Selain nihil kasus baru dalam beberapa bulan terakhir kasus baru, Victoria, yang menyumbang 90 persen lebih dari 905 kematian kumulatif tidak mencatat kematian baru COVID-19 dalam 24 jam terakhir.

Terkait