Waspada! 6 Kelurahan di Pekanbaru Masuk Zona Merah COVID-19
ILUSTRASI/Vaksinasi COVID-19 kepada masyarakat Kota Pekanbaru. (ANTARA/Vera Lusiana)

Bagikan:

PEKANBARU - Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Riau, mencatat enam kelurahan di daerah itu masuk dalam kategori zona merah penularan atau risiko penyebaran tinggi kasus COVID-19.

"Ini perlu diwaspadai, padahal sebelumnya awal Januari semua sudah hijau," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru dr Zaini Rizaldy Saragih dikutip Antara, Jumat, 11 Februari.

Dia menjelaskan keenam kelurahan zona merah tersebut adalah, Kelurahan Tampan, Delima, Rejosari, Sidomulyo Timur, Air Hitam, dan Labuh Baru Timur.

Selain itu, kata dia, saat ini juga ada 15 kelurahan lainnya kembali masuk zona oranye atau risiko penularan COVID-19 kategori sedang. Keenam kelurahan itu adalah Simpang Baru, Tangkerang Selatan, Sekip, Tangkerang Timur, Tangkerang Utara, Tuah Karya, Unban Sari, Sidomulyo Barat, Tanah Datar, Tangkerang Labuai, Tobek Godang, Padang Terubuk, Rintis, Tangerang Tengah dan Keluarahan Tirta Siak.

Dia mengatakan, di enam kelurahan zona merah tersebut arus dan pergerakan masyarakatnya perlu diwaspadai. Untuk itu, masyarakat diimbau tetap disiplin pada protokol kesehatan, tetap memakai masker, rajin mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mencegah mobilitas (5 M).

Dia mengatakan, saat ini jumlah kasus konfirmasi COVID-19 di Pekanbaru ada 212 pasien positif baru dalam angka harian, dan 23 orang dinyatakan sembuh, serta tidak ada pasien yang meninggal dunia.

"Artinya ada lonjakan kasus dari awalnya nihil pada sebulan lalu," ujarnya.