Wali Kota Eri Cahyadi Dorong Ekonomi Digital di Surabaya
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi (DOK Instagram pribadi)

Bagikan:

SURABAYA - Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mendorong ekonomi digital sebagai upaya mempercepat pemulihan ekonomi di tengah pandemi COVID-19.

Eri Cahyadi menyambut baik dukungan dan kerja sama dengan berbagai pihak dalam mendorong ekonomi digital, salah satunya dengan Grab atau aplikasi serba bisa yang wilayah operasinya se-Asia Tenggara.

"Kami sangat mengapresiasi inisiatif Grab dalam membantu upaya pemerintah untuk mendorong ekonomi digital di Surabaya," katanya dikutip Antara, Jumat, 4 Juni. 

Menurut dia, melalui berbagai inovasi dan teknologi dari Grab, diharapkan dapat membawa dampak positif bagi Kota Surabaya dalam mendukung digitalisasi UMKM lokal, dan juga turut mendukung berbagai destinasi wisata.

"Kami juga berharap kerja sama ini dapat mempercepat pemulihan ekonomi di Surabaya yang mana juga sejalan dengan visi dan misi Pemkot Surabaya untuk bergotong royong menuju Surabaya yang maju, humanis, dan berkelanjutan, termasuk memperkuat daya saing dan perekonomian lokal," sambung Eri Cahyadi.

Eri mengatakan penandatanganan nota kesepahaman antara Pemkot Surabaya dan Grab dilaksanakan pada 31 Mei 2021. Lingkup kerja sama ini mencakup pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), serta pengembangan dan promosi pariwisata.

Melalui kerja sama ini,  teknologi yang dihadirkan Grab akan membantu pemerintah mengembangkan berbagai sektor agar roda perekonomian Surabaya terus bergerak.

Director of East Indonesia Grab Indonesia Halim Wijaya menjelaskan komitmen Grab untuk memastikan lebih banyak orang dapat menikmati manfaat dari ekonomi digital. Menurutnya, perkembangan ekonomi digital sangat potensial dirasakan seluruh lapisan masyarakat di Indonesia, termasuk di tengah pandemi.

"Grab senang dan bangga dapat berkolaborasi dengan pemkot untuk menghadirkan berbagai inisiatif agar dapat mendukung ekonomi digital di Surabaya," ujarnya.

Dengan memanfaatkan teknologi Grab yang inklusif, serta peningkatan keterampilan, juga penyediaan kesempatan lebih banyak bagi masyarakat Surabaya, Grab berharap dapat terus membantu mengembangkan UMKM, bidang pariwisata, hingga sarana transportasi di Surabaya.

"Hal ini penting untuk membantu pemerintah Kota Surabaya untuk mewujudkan perekonomian inklusif dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat dan pembukaan lapangan kerja baru," ujarnya.