Bahas Teknologi Modifikasi Cuaca dengan Rumania, Gubernur Kalteng: Kita Kan ada Musim Hujan dan Kemarau, Ini Bisa Diatur
Gubernur Kalteng Sugianto Sabran (kiri) bersama Delegasi Rumania H.E. Tanasa Dumitru di Palangka Raya, Kamis 3 Juni (Foto: Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Delegasi Rumania menemui Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran dan membahas tentang kerja sama terkait teknologi modifikasi cuaca.

Sugianto menyampaikan terima kasih atas kedatangan Delegasi Rumania dan terlaksananya pertemuan di Kantor Gubernur Kalimantan Tengah tersebut.

"Dalam pertemuan tadi, kami membahas tentang teknologi modifikasi cuaca yang dimiliki Rumania," katanya usai menggelar pertemuan bersama Delegasi Rumania, dilansir Antara, Kamis, 3 Juni.

Rencana terkait teknologi modifikasi cuaca tersebut, arahnya adalah untuk mendukung pengembangan food estate maupun nantinya penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

"Kita kan ada musim hujan, musim kemarau, ini bisa diatur dengan teknologi mereka," paparnya.

Selain itu pihaknya juga membicarakan tentang sejumlah komoditas yang dimiliki untuk ke depannya menggali peluang agar bisa dikerjasamakan, seperti pertanian dan lainnya, hingga akhirnya bermuara pada kegiatan ekspor maupun impor.

Perwakilan delegasi, yakni H.E. Tanasa Dumitru yang merupakan Presiden Konfederasi Pekerja Rumania mengatakan, pihaknya ingin mengembangkan hubungan ekonomi dan kerja sama antara Rumania dan Indonesia.

"Sebab dalam hal hubungan politik terjalin dengan baik sekali. Kami mengusahakan agar semua bidang dapat berkembang," ungkapnya.

Dumitru menjelaskan, banyak sektor yang pihaknya bahas bersama dan berpotensi untuk dikerjasamakan kedepannya.

"Yang penting sekali adalah tentang modifikasi cuaca, pengelolaan limbah dan pengelolaan air," terangnya.

Pihaknya pun mengundang secara resmi Gubernur Kalteng Sugianto Sabran agar dapat mengunjungi Rumania yang waktunya nanti akan ditetapkan bersama.

Selain Dumitru, delegasi lainnya yang hadir yakni para Tim Ahli Perusahaan IAA, diantaranya Doeu Dorian Popescu, Eduard Popescu dan Razvan Mihilescu. Turut mendampingi gubernur sejumlah kepala perangkat daerah, seperti Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan Kalteng Sunarti maupun lainnya.