Jalani Misi Pemadaman, Helikopter Pemadam Kebakaran China Terbakar dan Jatuh ke Danau Erhai
Ilustrasi evakuasi kecelakaan. (Wikimedia Commons/Bmpower)

Bagikan:

JAKARTA - Dua pilot helikopter pemadam kebakaran tewas, setelah helikopter yang mereka awaki hilang kendali, terbakar dan jatuh di Danau Erhai, Dali, Yunnan, China, Senin 10 Mei waktu setempat. 

Nasib nahas ini terjadi saat helikopter tersebut tengah menjalani misi pemadaman api, dengan mengambil air dari danau tersebut, seperti melansir Global Times, Selasa 11 Mei. 

"Ada empat awak helikopter selama misi tersebut, dan dua lainnya masih hilang," kata pemerintah setempat dalam sebuah pernyataan.

Untuk melakukan pencarian, belasan kapal dan ratusan tenaga penyelamat dikerahkan, untuk mencari dan menyelamatkan dua orang yang masih dinyatakan hilang.

"Sebanyak 16 kapal dan lebih dari 490 penyelamat telah mulai melakukan upaya pencarian dan penyelamatan di tempat kejadian. Penyelamatan masih berlangsung," terang pernyataan tersebut.

Helikopter itu mencoba mengambil air untuk pemadam kebakaran tetapi jatuh ke Danau Erhai, tulis postingan itu. Sementara, penyebab kecelakaan ini masih dalam penyelidikan

Media sosial menunjukkan video helikopter berputar dan jatuh ke perairan dengan api di bagian belakang helikopter, serta adegan penyelamatan saat ini.

Diketahui, heli nahas tersebut tengah terlibat dalam misi pemadaman kebakaran di sebuah desa pegunungan di Dali, sejak Minggu 9 Mei. Sebanyak 930 petugas pemadam kebakaran dikerahkan untuk misi tersebut.