Hari Lahir Pancasila, Jokowi: Kita akan Kembali Melewati Masa Sulit
Tangkapan layar pidato Presiden Jokowi di Hari Lahir Pancasila (dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo memperingati Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada hari ini. Setiap tanggal 1 Juni merupakan bentuk peringatan bahwa Pancasila adalah ideologi dasar negara.

Lewat akun Instagram pribadinyanya, Jokowi menyebut bahwa Indonesia, sebagai bangsa yang besar, telah melayari berbagai zaman dengan berpedoman kepada nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila. 

Karenanya, saat masa pandemi COVID-19 seperti sekarang, Jokowi yakin Indonesia dapat keluar dari mass sulit dengan memegang teguh Pancasila.

"Berpegangan pada nilai-nilai itu pula, dengan persatuan dan gotong royong, kita akan kembali melewati masa-masa sulit ini dan keluar sebagai pemenangnya," kata Jokowi dalam akun Instagramnya, Selasa, 1 Juni.

Terpisah, Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung menyampaikan, Pancasila sebagai falsafah hidup bangsa Indonesia merupakan senjata ampuh untuk mengatasi berbagai persoalan bangsa.

“Pancasila sebagai ideologi yang hidup di bangsa ini, yang tumbuh dan berkembang dari bangsanya selalu terbukti menjadi penyelesai berbagai persoalan bangsa Indonesia,” kata Pramono dalam keterangannya.

Begitu juga di kala bangsa Indonesia berjuang untuk mengatasi dan bangkit dari pandemi saat ini. Pramono menilai, semangat gotong royong yang ditunjukkan segenap komponen bangsa adalah wujud dari pengamalan nilai yang terkandung dalam Pancasila.

“Salah satu makna yang penting dan terpenting dalam Pancasila ketika menghadapi COVID-19 adalah gotong-royong. Dengan gotong-royong kita melihat bangsa Indonesia menyelesaikan banyak hal, termasuk menyelesaikan persoalan COVID-19,” tutur dia.