1 Jam Saja, Racikan Air Kelapa, Jeruk Nipis dan Garam Ampuh Basmi COVID-19, Benarkah?
Ilustrasi (Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Pesan berantai WhatsApp kembali diramaikan dengan informasi soal racikan obat penyembuh COVID-19. Disebutkan, hasil campuran kelapa muda (air) dengan jeruk nipis serta garam dapat menyembuhkan virus berbahaya tersebut.

Dalam narasinya, penyebar pesan berantai menyebutkan obat ini merupakan pemberian Tuhan yang sangat manjur.

“Tolong bantu dikasih tahu saudara² kita yg kena covid 19. Ini obat pemberian dari TUHAN yg mudah didapat yg sangat manjur. 1 biji air kelapa muda, 1 biji jeruk nipis diperas dan 1 sendok makan garam. Semuanya diaduk dan diminum airnya. Dijamin 1 jam kemudian virusnya akan hilang," demikian isi pesan dilansir dari Turnbackhoaks, Minggu, 30 Mei. 

Si penyebar juga menghendaki agar pesan ini diteruslan ke keluarga agar bisa mengatasi virus COVID-19. Benarkah informasi ini?

Setelah melakukan penelusuran, hal tersebut tidak benar. Melansir dari laman berita Liputan6, Farmakolog Universitas Gadjah Mada (UGM), Prof. Dr. Zullies Ikawati, Apt mengatakan, hal tersebut belum terbukti secara klinis. 

"Sehingga masyarakat diminta untuk tidak mudah menerima informasi yang belum memiliki bukti klinis."

Hasil periksa fakta dengan narasi serupa juga sudah pernah diunggah pada laman turnbackhoax.id dengan judul “Air Kelapa Muda, Jeruk Nipis, dan Garam Obat Covid-19” dan “Campuran Air Kelapa Muda, Jeruk Nipis, dan Garam Dapat Mematikan Virus Corona”.

"Dengan demikian, narasi yang beredar melalui Whatsapp yang mengatakan bahwa campuran air kelapa, jeruk nipis dan garam dapat menyembuhkan COVID-19 tidak sesuai fakta dan masuk ke dalam kategori misleading content atau konten yang menyesatkan," demikian.