Pasutri Tewas dan 3 Anak Luka Akibat Kebakaran, Bupati Jayawijaya Papua Panggil dan Evaluasi Pejabat Damkar
Bupati Jayawijaya Jhon R. Banua (Foto: ANTARA)

Bagikan:

PAPUA - Bupati Jayawijaya Provinsi Papua Jhon Richard Banua segera memanggil pejabat dan staf pemadam kebakaran (damkar) untuk mengevaluasi kinerja mereka.

Langkah Bupati menyusul penanganan kebakaran yang terjadi beruntun belum lama ini. Masyarakat menyoroti kinerja damkar karena dinilai lambat dalam penanganan.

Misalnya, pada kebakaran tidak jauh dari markas damkar yang menewaskan pasangan suami istri. Ketiga anak mereka juga mengalami luka-luka atas kejadian ini. 

Kata Bupati Jhon, evaluasi dilakukan guna peningkatan pelayanan di damkar, yang juga masih di bawah instansi Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

"Saya lagi mau panggil, evaluasi kinerja tim di damkar supaya apabila kendaraan harus siap, petugas juga harus siap," katanya di Jayawijaya dilansir dari Antara, Selasa, 25 Mei. Jhon mengharapkan petugas damkar selalu siaga agar segera bergerak ketika terjadi kebakaran.

Selain itu, petugas harus lebih sigap dalam membantu masyarakat atau korban kebakaran.

"Sehingga apabila ada kejadian kebakaran, kita tidak cari petugas lagi, sudah harus siap semua," katanya.

Ia mengharapkan Satpol PP tetap melaksanakan penegakan peraturan daerah dengan menggunakan fasilitas yang ada.

"Sebenarnya kalau cuma untuk penegakan perda itukan ada mobil kecil jadi saya pikir keterbatasan kendaraan itu bukan alasan," demikian Jhon.