Bawa 18 Ton Barang, Pesawat Kargo Alami Insiden Bocor Ban di Bandara Wamena
Pesawat cargo alami insiden pecah ban depan saat hendak mendarat di Bandara Wamena, Selasa 22 Agustus.(ANTARA/HO/Polres Jayawijaya)

Bagikan:

PAPUA - Kepolisian Resor (Polres) Jayawijaya menangani kecelakaan pesawat kargo Jayawijaya Air saat hendak mendarat di Bandara Wamena, Papua Pegunungan, Selasa 22 Agustus.

Pesawat dengan kode penerbangan PK-JRA itu berangkat dari Bandara Sentani Jayapura tujuan Bandara Wamena dengan membawa 18 ton barang campuran.

Kapolres Jayawijaya AKBP Heri Wibowo menjelaskan, dari laporan yang diterima terungkap insiden terjadi sekitar pukul 13.00 WIT.

Saat mendarat di Bandara Wamena, pilot melaporkan ke "tower" bahwa pesawat mengalami gangguan yang diduga akibat kebocoran pada ban depan.

Sejumlah peralatan dikerahkan, termasuk mobil kebakaran untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Tim gabungan TNI-Polri, UPBU Wamena, dan damkar turun ke landasan pacu dan mengevakuasi kru pesawat kargo tersebut.

“Tidak ada korban jiwa, pesawat telah ditarik dari landasan pacu dan parkir di parkiran pesawat di Bandara Wamena,” kata AKBP Heri Wibowo, Selasa 22 Agustus, disitat Antara.

Bandara Wamena diketahui merupakan bandara terbesar di wilayah Papua Pegunungan.

Dari Wamena, berbagai barang kebutuhan masyarakat diangkut melalui jalan darat ke kabupaten di sekitarnya, seperti Kabupaten Lanny Jaya, Tolikara, Mamberamo Tengah, Yalimo hingga Kabupaten Puncak Jaya.