Dilirik NasDem atau Demokrat, PDIP Bakal Rugi Tak Pilih Ganjar
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (Foto: Pemprov Jateng)

Bagikan:

JAKARTA - Direktur Political and Public Policy Studies (P3S) Jerry Massie menilai, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bisa dilirik partai lain apabila PDIP tidak mendukungnya maju di Pilpres 2024. Kemungkinan, pemimpin Jateng dua periode itu bakal dibidik NasDem dan Demokrat.

"Ganjar bisa dilirik NasDem dan Demokrat, bahkan Partai Golkar," ujar Jerry, Selasa, 24 Mei.

Menurut dia, tidak diundangnya Ganjar dalam acara Pembukaan Pameran Foto Esai Marhaen dan Foto Bangunan Cagar Budaya yang dihadiri Ketua DPR Puan Maharani di Panti Marhaen, Semarang, Jawa tengah, Sabtu, 22 Mei, menunjukkan bahwa tiket Pilpres 2024 tak mungkin diserahkan ke alumnus Universitas Gajah Mada itu. 

"Dengan tak diundangnya Ganjar ini sebuah sinyal bahwa PDIP tak akan mengusung Ganjar Pranowo," jelas Jerry.

Disamping itu, Ketua DPP PDIP Puan Maharani dinilai tengah panik dengan elektabilitas Ganjar yang cukup tinggi diberbagai survei terbaru.

"Saya nilai ini kepanikan Puan Maharani kepada Ganjar Pranowo. Ini lantaran setiap kali survei, nama Ganjar di atas kertas baik elektabilitas dan popularitas nama Ganjar masih unggul jauh," kata Jerry.

Jerry menambahkan, apabila diadu dengan Ganjar, Puan masih kalah jauh. Partai banteng diprediksi bakal merugi jika lebih memilih Puan ketimbang Ganjar.

"Sebuah kesalahan fatal jika PDIP tak mengakomodir Ganjar. Puan masih jauh jika head to head dengan Ganjar," tandas Jerry.