Innalillahi, Ketua MUI Sekaligus Sesepuh NU di Sulsel, Haji Sanusi Baco Tutup Usia
Suasana di rumah duka AGH Kiai Sanusi Baco (Foto: ANTARA/HO)

Bagikan:

SULAWESI - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulawesi Selatan Anregurutta Haji (AGH) Sanusi Baco, LC tutup usia pada Sabtu, 15 Mei sekitar pukul 19.00 Wita di Primaya Hospital, Makassar.

Staf Humas Kemenag Sulsel Mawardy Siradj membenarkan hal ini. Informasi meninggalnya Anregurutta Haji (AGH) Sanusi Baco yang juga sepuh Nahdlatul Ulama (NU) Sulsel mengembuskan nafas terakhirnya pada usia 84 tahun sebelumnya beredar di grup WhatsApp Kemenag Sulsel.

Keluarga KH Sanusi Baco, H Irfan juga membenarkan hal ini. Menurutnya, kondisi kesehatan lulusan Unversitas Kairo, Mesir itu terus menurun sehingga dilarikan ke RS terdekat.

Ketua MUI Sulsel yang dikenal kharismatik ini, disemayamkan di rumah duka di Kelapa III, Makassar. Para tokoh dan pejabat Sulsel satu persatu memadati kediaman almarhum.

Mengenai lokasi pemakaman almarhum Sanusi Baco, masih dirembugkan oleh pihak keluarga.  Tapi kemungkinan besar dimakamkan di pemakaman keluarga di Talawe, Kecamatan Bontoa, Kabupaten Maros.

Semasa hidup putra kelahiran Maros, 4 April 1937 ini, dikenal tekun menuntut ilmu Agama Islam. Setelah meraih gelar sarjana di Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar, Sanusi mendapat beasiswa untuk melanjutkan pendidikan di Universitas Kairo, Mesir dan mendapatkan gelar LC.

Bahkan Sanusi telah membangun pesantren Nahdatul Ulum di Soreang, Kecamatan Lau, Kabupaten Maros dan Panglima TNI, Marsekal TNI, Hadi Tjahjanto bersama Kapolri, Jenderal Pol Tito Karnavian sempat berkunjung ke pondok pesantren milik AGH Sanusi Baco, pada 12 Februari 2019.