Makin Banyak, Turki Kini Miliki 85 Aset Budaya sebagai Warisan Dunia UNESCO
Ilustrasi foto (Sumber: Commons Wikimedia)

Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Turki menyebut ada dua aset budaya yang telah ditambahkan ke dalam daftar sementara warisan dunia, UNESCO. Dengan begitu kini Turki memiliki 85 aset budaya sebagai warisan dunia.

Melansir Yeni Safak, Senin, 10 Mei, dua aset budaya yang dimasukkan antara lain kota bersejarah Kemaliye di Provinsi Erzincan timur dan Gereja Antik abad pertengahan akhir Midyat.

Berdasar sejarahnya, kota bersejarah Kemaliye telah menjadi pusat perdagangan penting di sedari dulu. Apalagi kota ini masuk dalam rute jalur sutra dunia.

Lebih menarik lagi karena kota ini turut diberkati dengan elemen alam yang unik. Utamanya, terkait penemuan jejak leluhur orang Turki kuno yang dapat ditemukan di Lembah Dilli, Barat Laut Kemaliye.

Sedangkan, area midyat sudah menjadi tujuan wisata dunia karena menyajikan contoh-contoh arsitektur monastik. Di mana aktivitas konstrusinya sudah ada sejak awal periode kekristenan ortodok masih memimpin Turki.

Lentaran itu, berkunjung ke sana dapat memberikan ketengan jiwa dengan pemandangan khas pedesaan. Bersamaan dengan itu, pelancong dapat berkunjung ke kebun anggur bertingkat, zaitun, dan pohon almond di sekitarnya. Sisanya, pelancong tinggal berkunjung ke biara dan gereja bersejarah membentuk lanskap yang indah.