Senangnya WNI di Hongaria Nikmati Opor dan Ketupat Kiriman KBRI
WNI di Hongaria merayakan Idulfitri di tengah pandemi COVID-19 dengan menikmati opor dan ketupat kiriman KBRI Budapest (FOTO VIA ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Para pelajar dan masyarakat Indonesia di Hongaria merayakan Idulfitri di tengah pandemi COVID-19 dengan menikmati opor dan ketupat kiriman KBRI Budapest.

"Terima kasih banyak atas kiriman opor, rendang dan ketupatnya," kata seorang mahasiswa Indonesia di Hongaria ketika menerima bingkisan Lebaran yang dikirimkan oleh tim KBRI Budapest, dikutip Antara, Jumat, 14 Mei.

"Walaupun jauh dari tanah air, suasana lebaran dan rasa kekeluargaan masih dapat kami rasakan," ujar sejumlah warga Indonesia di Hongaria yang menerima bingkisan Lebaran KBRI Budapest itu.

Sama seperti tahun sebelumnya, untuk Lebaran tahun ini Pemerintah Hongaria masih memberlakukan pembatasan pergerakan sehingga warga Muslim, termasuk dari Indonesia, belum dapat mengadakan kegiatan Sholat Ied dan Halal bihalal bersama.

Namun, KBRI Budapest tetap akan melaksanakan halal bihalal secara virtual dengan masyarakat Indonesia yang tinggal di Hongaria.

Di tengah pembatasan pergerakan akibat pandemi, kebahagiaan Idul Fitri tetap dapat dirasakan oleh masyarakat Indonesia di Hongaria. Sepekan sebelum hari raya, KBRI Budapest mengirimkan paket kue-kue lebaran kepada masyarakat dan pelajar Indonesia di berbagai kota dan daerah di Hongaria.

Sejumlah bingkisan opor, rendang dan ketupat Lebaran didistribusikan tepat pada hari raya Idul Fitri 1442 Hijriah untuk para pelajar dan masyarakat Indonesia di Budapest yang dipusatkan di tiga lokasi yang telah disepakati bersama.

Kegiatan itu disandingkan dengan sosialiasi portal peduli serta safe travel Kementerian Luar Negeri RI.

Selama bulan ramadan, KBRI Budapest aktif menyelenggarakan berbagai kegiatan keagamaan, walaupun dilaksanakan secara daring.

Setiap akhir pekan bersama-sama dengan Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) di Hongaria mengadakan kegiatan buka puasa bersama secara daring yang diawali ceramah dengan topik-topik yang menarik.