Hingga Siang ini 4 Ribu Pengunjung Datangi TMII saat Lebaran Pertama
ILUSTRASI/ANTARA

Bagikan:

JAKARTA - Sekitar 4 ribu pengunjung mendatangi Taman Mini Indonesia Indah pada di hari pertama Idulfitri 1442 Hijriah pada Kamis, 13 Mei. Kemungkinan jumlah pengunjung terus bertambah, sebab kawasan ini beroperasi hingga pukul 18.00 WIB.

"Sampai jam 12.00 WIB tadi sudah mencapai 4 ribu," kata Kepala Bagian Humas TMII Adi Widodo kepada wartawan, Kamis, 13 Mei.

Dia memperkirakan angka ini akan terus bertambah, bahkan bisa mencapai 10 ribu pengunjung. Sebab, pihaknya tak membatasi pengunjung yang bisa hadir hanya yang ber-KTP DKI Jakarta.

"Untuk pengunjung ada yang dari luar DKI karena kita tahu, anjungan daerah itu ada pemegang KTP daerahnya masing-masing. Itu ada keluarga, ada yang bekerja di situ, ada paguyuban warga daerah yang ada di Jakarta. Barangkali mereka bersilaturahmi," ungkap Widodo.

Dirinya memastikan seluruh pengunjung yang datang ke tempat wisata dengan luas 146,7 hektare ini tetap menerapkan protokol kesehatan. "Kita pantau masyarakat patuh. Mereka menggunakan masker kemudian dicek suhu," tegasnya.

Disiagakan petugas di lapangan yang mencapai 200 orang. Angka ini gabungan dari pihak kepolisian, TNI, dan kekuatan internal TMII. 

"Kalau untuk petugas, karena ini lebaran kita standby semua, ditambah dari aparat kepolisian dan TNI. Untuk yang di lapangan kurang lebih 200 orang untuk lalu lintas, petugas Satgas COVID-19 dan keamanan," ujar Widodo.

Sebagai informasi, selama perayaan Idulfitri 1442 Hijriah, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta masih mengizinkan tempat wisata dan pusat perbelanjaan beroperasi.

Namun, tempat wisata dan pusat perbelanjaan akan ditutup jika berada di zona merah penyebaran COVID-19. Penutupan akan dilakukan hingga 16 Mei mendatang.

Selama periode tersebut tempat wisata dan pusat perbelanjaan dibatasi jam operasionalnya hingga pukul 21.00 WIB. Ini juga berlaku bagi restoran, warung makan, kafe, hingga bioskop.