Pengunjung Membludak, TMII  Terapkan Sistem Buka Tutup
Kawasan wisata TMII lakukan sistem buka tutup. (foto: dok. antara)

Bagikan:

JAKARTA – Pada masa libur Lebaran ini, hampir semua kawasan wisata dipenuhi oleh pengunjung. Pengelola Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta Timur, bahkan harus menerapkan sistem buka tutup sementara akibat jumlah wisatawan yang membludak pada Kamis, 5 Mei atau H+2 lebaran.

Pantauan di lokasi sekitar pukul 13.30 WIB, pihak pengelola TMII telah menutup akses masuk kendaraan bermotor di Pintu 3 yang berada di Jalan Mabes Hankam.

"Di dalam ada kepadatan menunggu yang keluar baru dibuka lagi 30 menit," kata Direktur Eksekutif TMII I Gusti Putu Ngurah Sedana di Jakarta, Kamis, 5 Mei.

Sementara itu, arus lalu lintas menuju TMII juga terpantau padat merayap hingga satu kilometer di Jalan Mabes Hankam. Kendaraan pribadi yang didominasi oleh roda empat terlihat mengular saat memasuki TMII.

Sedana mengatakan penutupan sementara akses masuk di TMII tak selalu 30 menit, namun melihat kondisi dari kepadatan pengunjung. Apabila jumlahnya sudah menurun, maka pintu masuk akan kembali dibuka.

 TMII saat ini juga memberlakukan pembatasan jumlah pengunjung hanya 30 ribu. Tak hanya itu, TMII juga hanya membuka tiga akses masuk yaitu melalui Pintu 2, Pintu 3, dan Pintu 4. ​ ​Sementara untuk Pintu 1 tidak dapat digunakan karena masih dalam perbaikan.

Kepada Antara, Sedana menjelaskan hingga saat ini tercatat ada sebanyak 15.878 wisatawan yang datang berkunjung ke TMII. "Jumlah pengunjung yang masuk TMII 15.878 orang hingga pukul 13.50 WIB," ujar Sedana.

Terkait